Klaten (ANTARA News) - Kereta api Prambanan Ekspres jurusan Solo-Yogyakarta menghantam sepeda motor di perlintasan tanpa pintu di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jumat, mengakibatkan satu orang tewas.

Berdasarkan informasi warga sekitar di lokasi kejadian menyebutkan, korban tewas pengendara sepeda motor dengan nomor polisi AD 2419 UJ, Haryati (27) warga Dusun Dukuhan, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, sedangkan pemboncengnya Winarsih (20) berhasil menyelamatkan diri.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 13:45 WIB dan berawal dari sepeda motor yang dikendarai korban berboncengan dengan Winarsih melintas dari arah selatan. Korban saat akan melintas rel sempat berhenti karena ada KA dari arah Yogyakarta ke aras Solo sedang melintas.

Setelah KA tersebut melintas kedua korban menyeberang rel, tetapi tanpa diduga di rel yang satunya, KA Prameks nomor loko KD3-05205 melintas dari arah Solo menuju Yogyakarta.

Tabrakan tidak dapat terhindar karena jarak KA sudah terlalu dekat. Winarsih yang diboncengkan korban sempat meloncat menyelamatkan diri dari maut itu.

Winarsih kemudian meminta bantuan ke dusun terdekat, tetapi Haryati bersama sepeda motornya sudah terseret ke arah barat bersama sepeda motor terlindas roda KA.

Ka tersebut akhirnbya terhenti d lokasi kejadian karena rodanya tersangkut sepeda motor korban yang sudah hancur. Warga setempat langsung mencari korban yang ditemukan sudah tewas di lokasi kejadian.

Menurut masinis KA Prameks, Sugeng, KA saat melintas di lokasi perlintaan tanpa pintu terus membunyikan klakson.

Kapolres Klaten AKBP Drs Agus Djaka Santosa melalui Kapolsek Ketandan AKP Iwan Kusnandar saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut.

Kecelakaan tersebut diduga korban tidak berhati-hati saat menyeberang di lintasan tanpa pintu dan jalur rel ganda.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009