Vientiane (ANTARA News) - Ardiansyah yang awalnya tidak diunggulkan, secara gemilang menyumbang emas pertama bagi tim gulat Indonesia setelah pada pertandingan final SEA Games 2009 menaklukkan K. Kongrichai dari Thailand pada final di Booyong Gymnasium Universitas Nasional Vientiane, Selasa.

Pegulat yang tampil di kelas 50kg Gaya Romawi dan untuk pertama kali tampil di event SEA Games tersebut, membuat lawan tidak banyak berdaya dan unggul dengan skor telak 4-2.

Kubu Indonesia sempat dibuat was-was ketika pada detik-detik terakhir, penunjuk waktu tidak berfungsi sehingga para ofisial pun harus berteriak untuk mengingatkan panitia karena khawatir Ardiansyah bisa dirugikan.

Namun pria kelahiran 12 Januari 1983 tersebut berhasil mengunci perolehan angka lawan untuk memenangi pertandingan, sekaligus meraih medali emas pertama dari cabang gulat.

"Saya dari awal memang bertekad untuk meraih medali emas dan sekaligus membuktikan bahwa kita lebih unggul dari Thailand," kata Ardiansyah.

Sementara itu pelatih Buyamin menegaskan bahwa Ardiansyah sebenarnya termasuk pegulat istimewa karena pada sejak kecil memiliki semacam kelainan pada jantungnya.

"Tapi di balik kelemahan tersebut, ternyata tersimpan semangat pantang menyerah dan itu berbuah kemenangan," kata Buyamin.

Kontingen gulat Indonesia yang mengirim 13 pegulat, dua diantaranya pegulat putri, menargetkan untuk meraih setidaknya dua emas.

Medali perunggu untuk kelas tersebut diraih pegulat tuan rumah Laos Thammavongsa.

Selain satu emas, gulat Indonesia juga menyumbang satu perak dan tiga perunggu.

Satu perak diraih oleh Muhammad Alainsyah yang bertanding di kelas 60kg gaya grego romawi, serta tiga perunggu oleh Arbainsyah (55kg Grego Romawi), Ngadbi (66kg) dan Suandiwiranata (84kg).

Dari tujuh total medali emas yang diperebutkan, Vietnam dan tuan rumah Laos mendominasi dengan masing-masing merebut dua medali emas, sementara Indonesia, Thailand dan Filipina kebagian satu.

Berikut klasemen sementara cabang gulat SEA Games 2009 sampai pertandingan hari ketujuh, Selasa:

1. Vietnam 2 3 0

2. Laos 2 0 1

3. Indonesia 1 1 3

4. Thailand 1 1 2

5. Filipina 1 1 1

6. Kamboja 0 1 1.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009