Vientiane (ANTARA News) - Kontingen Indonesia kembali mencatat hasil menggembirakan di cabang olahraga terukur ketika Priscillia Gunawan berhasil memecahkan rekor 800m cabang selam dan sekaligus meraih emas SEA Games 2009 di Komplek Olahraga Nasional Vientiane, Selasa.

Priscillia, kelahiran 2 Agustus 1985 itu mencatat waktu tujuh menit 23 detik untuk memecahkan rekor SEA Game yang diciptakan Nguyen Thi Thuong di Hanoi 2003 (07:29,45 detik).

Tapi Nguyen Thi Thuong kali ini harus puas medali perak diraih dengan catatan waktu 08:01,05 detik, disusul atlet tuan rumah Amdavanh (08:45.46) yang meraih perunggu.

Manajer tim selam Indonesia Merari Nainggolan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya dengan hasil yang diperoleh Priscillia karena pihaknya hanya memerlukan satu medali emas lagi untuk mencapai target.

"Priscillia memang sudah kita targetkan untuk meraih medali emas setelah melihat hasil latihannya selama ini di Jakarta. Saat ini Priscillia sedang menjalani tes doping dan saya berharap tidak terjadi apa-apa dengan hasil tes tersebut," kata Merari.

Selain Priscillia, Merari juga berharap meraih medali emas melalui nomor 800m putra yang mengandalkan Petrol A. Kambey dan Hans Yosaputra. Mereka akan bertanding sehari menjelang penutupan SEA Games, yaitu 17 Desember mendatang.

Di SEA Games 2007 di Nakhon Ratchasima, cabang selam tidak dipertandingkan.

Pada pertandingan sebelumnya, tim 4/100m putra harus puas dengan meraih medali perak, sementara Andrian Sansoldi (100m putra) dan 4x100m putri hanya meraih perunggu.

"Kita cukup puas dengan hasil sementara ini karena dari empat nomor yang diikuti, semua berhasil membawa pulang medali," kata Merari.

Sukses Priscillia sekaligus menggagalkan aksi sapu bersih kontingen Vietnam yang meraup empat dari total lima nomor yang dipertandingkan.

Berikut klasemen sementara cabang selam setelah pertandingan Selasa:

Vietnam 4 3 0

Indonesia 1 1 2

Thailand 0 1 2

Laos 0 0 1 >(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009