Jakarta (ANTARA News) - Petenis putri Indonesia Lavinia Tananta tampil sebagai juara tunggal putri SEA Games XXV Laos 2009 setelah menghentikan rekannya Ayu Fani Damayanti di Stadion Tenis Kompleks Stadion Nasional Vientiane Laos, Kamis.

Keberhasilan Lavinia menjadi juara setelah bermain dua set dengan kedudukan 5-7, 6-3, dan pada set ketiga saat pertandingan baru dimulai game pertama dengan keunggulan Lavinia 15-0 Ayu Fani mengalami kram kaki dan tak kuasa melanjutkan pertandingan.

Apa pun hasil pertandingan itu sudah memastikan Indonesia meraih medali emas karena pertemuan mereka merupakan "All Indonesian Final" dan menjadi satu-satunya medali emas yang diraih dari SEA Games kali ini.

Seperti dikutip dari situs resmi Panpel LAOSOC, Thailand untuk sementara memimpin perolehan medali cabang ini dengan meraih tiga medali emas setelah menjuarai ganda putri dan ganda putra.

Di ganda putri, pasangan Tamarine Tanasugarn/Varatchaya Wongteanchai di final menundukkan pasangan Filipina Denise Dy/Riza Zalameda dengan 7-5, 6-4.

Sedangkan ganda putra Sanchai Ratiwatana/Sonchat Ratiwatana juga menundukkan pasangan Filipina Treat Huey/Cecil Mamiit dengan perjuangan keras yang berkesudahan 6-2, 5-7, 10-8.

Cabang tenis tinggal menyisakan dua nomor final yakni ganda campuran dan tunggal putra yang akan dimainkan pada hari terakhir Jumat (18/12).

Thailand sudah memastikan satu medali emas lagi setelah menciptakan "All Thai Final" di ganda campuran. Sedangkan tunggal putra sudah dipastikan jatuh ke tangan Filipina yang menempatkan "All Phillipine Final" antara Treat Huey dengan Cecil Mamiit.

Di final ganda campuran Tamarine Tanasugarn/Sanchai Ratiwatana akan berhadapan rekannya Varatchaya

Wongteanchai/Sonchat Ratiwatana. Di semifinal Tamarine/Sanchai menundukkan Denise Dy/Cecil Mamiit (Filipina) 6-4, 6-2, sedangkan Varatchaya/Sonchat menundukkan Riza Zalameda/Treat Huey (Filipina) 3-6, 6-3, 10-8.

Perolehan Medali Sementara Cabang Tenis :
1. Thailand 3 1 3 7
2. Filipina 1 2 5 8
3. Indonesia 1 2 3 6
4. Malaysia 0 0 1 1
5. Kamboja 0 0 1 1
6. Vietnam 0 0 1 1
(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009