Vientiane, Laos (ANTARA News) - Ketua Kontingen Indonesia SEA Games Laos, H Alex Noerdin memuji semangat panitia SEA Games XXV tahun 2009 di Vientiane, Laos.

Alex yang juga Gubernur Sumsel menyampaikan hal itu di National Olympic Comitte (NOC) Indonesia, yang berada di national University, Vientiane, Laos, Jumat.

Menurut dia, panitia SEA Games di Laos terutama semangat untuk menggelar pesta olahraga dua tahunan itu dengan baik.

"Kalau masalah infrastruktur bisa dibangun, tapi semangat yang harus dibangkitkan," ujarnya pula.

Sementara mengenai venues di Sumsel, ia mengatakan, pada awal 2011 fasilitas olahraga di provinsi itu akan siap sehingga dapat digunakan pada SEA Games XXVI.

Sesuai rencana fasilitas SEA Games XXVI tahun 2011 itu akan dibangun di kawasan Jakabaring, Palembang, kata Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra yang juga sedang berada di Vientiane, Laos.

Menurut Eddy, perkampungan untuk atlet yang akan mengikuti SEA Games XXVI tahun 2011 khusus di Palembang akan dibangun di kawasan Jakabaring.

Nanti, perkampungan para atlet untuk SEA Games XXVI tahun 2011 dibangun di satu kawasan sehingga atlet mudah menjangkau lokasi tersebut.

Selain perkampungan atlet nantinya juga akan dibangun beberapa venues di lokasi yang juga bekas tempat pembukaan dan penutupan PON XVI tahun 2004 tersebut.

Untuk SEA Games XXVI tahun 2011 di Palembang nanti akan berusaha lebih baik lagi dari Vientiane, Laos tahun 2009, ujarnya.

Kalau di Palembang sudah memiliki fasilitas seperti hotel berbintang cukup banyak, kemudian bandar udara juga telah ada.

Kemudian sejumlah venues juga sudah ada di kota "pempek" tersebut seperti stadion Gelora Sriwijaya di Jakabaring, kata dia pula.

Jadi, beberapa fasilitas olahraga di Palembang itu sudah dibangun, hanya saja memang ada yang perlu perbaikan dan ada pula memang akan dibangun seperti perkampungan atlet, demikian Wali Kota Palembang.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009