Bogor (ANTARA News) - Pondok pesantren merupakan aset besar Indonesia, karena itu lembaga ini harus mendapatkan perhatian besar dari pemerintah, kata mantan Presiden Indonesia KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Minggu.

Dalam wawancara yang dilakukan TV One pada program "live event" Damai Indonesiaku dari Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor, Jabar. Gus Dur menegaskan, manfaat eksistensi pesantren sangat besar bagi Indonesia.

"Pemerintah harus memperhatikan keberadaan pesantren, karena manfaatnya sangat besar bagi bangsa dan negara," kata Gus Dur.

Menurut data terbaru Departemen Agama (Depag), saat ini terdapat sebanyak 21 ribu pesantren yang tersebar di berbagai penjuru Tanah Air.

Masing-masing pesantren memiliki keunggulan, keunikan dan keragaman kurikulum, sehingga membuat lembaga tersebut semakin kaya warna.

Berbagai keunggulan komparatif tersebut membuat Gus Dur mengidentifikasi pesantren sebagai sub kultur dari kultur bangsa Indonesia.

"Keberadaan pesantren sangat penting. Pesantren perlu diperhatikan oleh pemerintah," kata Gus Dur.

Gus Dur mengutarakan, pesantren telah memberikan banyak sumbangsih bagi Indonesia, yakni mulai zaman pra kemerdekaan, revolusi kemerdekaan hingga dewasa ini.

"Sumbangsih yang telah diberikan pesantren bagi bangsa ini sangat besar. Karena itu pesantren perlu mendapatkan perhatian, agar perannya dalam mengisi permbangunan semakin dirasakan masyarakat," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009