Gorontalo (ANTARA News) - Setelah sempat tertunda, Gusnar Ismail akhirnya dilantik menjadi Gubernur Gorontalo yang baru oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, Selasa sore.

Gusnar yang sebelumnya mendampingi Fadel Muhammad sebagai Gubernur Gorontalo, menggantikan posisi Fadel yang ditunjuk sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan RI.

Keduanya dicalonkan oleh Partai Golkar dan berhasil memenangkan Pilkada tahun 2006, dengan perolehan suara tertinggi di Indonesia sebanyak 82 persen.

"Saya bertekad untuk melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis bersama dengan Fadel sebelumnya," ujar Gusnar usai dilantik.

Menurut dia, hampir tak akan ada yang berubah dengan program yang akan dijalankannya selama memerintah di sisa masa jabatan periode 2006-2011.

Mantan Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad mengaku optimis Gusnar bisa membangun daerah agropolitan tersebut dengan berbagai program unggulan yang diterapkan.

"Saya sendiri masih ingin bersama Gusnar di Gorontalo, namun kini saya memiliki tanggungjawab sebagai seorang menteri," katanya.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi juga berharap dibawah kepemimpinan Gusnar, Gorontalo akan lebih meningkatkan prestasi di bidang perekonomian.

Dalam catatan Depdagri, kata dia, Gorontalo termasuk daerah pemekaran yang berhasil dan bahkan menghasilkan banyak gagasan pembangunan disbanding daerah lain.

Pelantikan Gubernur Gorontalo juga dihadiri Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar, Menteri Perumahan Rakyat, Suharso Monoarfa, Gubernur Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah serta Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Dua anggota DPD daerah pemilihan Gorontalo yakni El Nino Husein Mohi dan Hana Hasanah juga menghadiri pelantikan tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009