Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden Abdulrahman Wahid (Gus Dur) meninggal karena sakit di RSCM Jakarta, Rabu pukul 18.45 WIB, menurut Sekretaris Pribadi Gus Dur Sulaeman.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepresidenan Julian Pasha kepada wartawan di Istana Presiden, Jakarta, Rabu malam, mengatakan, saat ini Presiden Yudhoyono telah memanggil Wapres Boediono dan sejumlah menteri terkait, antara lain Menkes Endang Sedyadingsih untuk membahas rencana lebih lanjut terkait kondisi mantan presiden yang akrab disapa Gus Dur itu.

"Presiden masih menunggu keterangan resmi dari pihak RSCM dan tim dokter untuk memastikan kondisi Gus Dur," kata Julian.

Dia menambahkan, setelah ada kepastian dan keterangan dari RSCM dan Tim Dokter Kepresidenan, barulah Presiden Yudhoyono akan menyampaikan keterangan pers dan diperkirakan keterangan pers akan disampaikan pada pukul 21.00 WIB di Istana Kepresidenan.

Julian menambahkan, Pesiden memanggil sejumlah menteri untuk membahas prosedur kenegaraan terkait status kesehatan dan kondisi Gus Dur.

Sebelumnya, pada pukul 18.30 WIB, Presiden Yudhoyono menjenguk Gus Dur di RSCM dan berada di rumah sakit itu sekitar 30 menit. Pada pukul 19.00 WIB usai menjenguk Gus Dur, Presiden langsung kembali ke Istana.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009