Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa Jepang akan dilibatkan dalam proyek pembangunan serat optik Palapa Ring.

"Kita tidak bisa berdiri sendiri menangani sektor ICT kita, kita harus terkoneksi diri dengan negara lain, salah satunya Jepang," kata Tifatul Sembiring setelah bertemu dengan State Secretary for Internal Affairs and Communications, Ministry of Internal Affairs and Communications Japan, Masamitsu Naito, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, Jepang memiliki pengalaman yang banyak dalam hal ICT dan telah puluhan langkah lebih maju ketimbang Indonesia dalam bidang tersebut.

Menurut dia, akan sangat potensial bila Jepang dilibatkan dalam sejumlah proyek ICT Indonesia di antaranya Palapa Ring.

"Kalau bisa mengembangkan Palapa Ring Mataram-Kupang dikoneksikan dengan Australia akan sangat bagus, apalagi Jepang juga sudah menyatakan akan mengkoneksi ke kita," katanya.

Maka secara otomatis proyek-proyek ICT Indonesia ke depan akan sangat memerlukan pihak lain termasuk SDM dari Jepang yang menurut Menteri sudah lebih maju.

Untuk kepentingan itu, pihaknya akan mengundang pihak Jepang lebih lanjut sebagai tindak lanjut pertemuan awal itu.

"Saya undang mereka untuk follow up business to business, misalnya antara operator kita dengan operator mereka," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengundang Jepang untuk mengikuti tender proyek Palapa Ring.

Sementara itu, State Secretary for Internal Affairs and Communications, Ministry of Internal Affairs and Communications Japan, Masamitsu Naito, mengatakan, pihaknya memiliki tekad kuat untuk dapat bekerja sama dengan Indonesia terutama di bidang ICT.

"Kerja sama yang kami bicarakan dalam pertemuan di antaranya dalam bidang teknologi dan pembangunan SDM, penggunaan teknologi ICT dalam penyelesaian masalah sosial seperti penanganan bencana dan perubahan iklim," katanya.

Pertemuan yang dilakukan antara Menkominfo dengan State Secretary for Internal Affairs and Communications, Ministry of Internal Affairs and Communications Japan, Masamitsu Naito, membahas berbagai hal.

Agenda yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut adalah antara lain peningkatan kerjasama di bidang ICT antara kedua pihak.

Selain itu, delegasi Jepang juga akan menyampaikan undangan kepada Indonesia untuk mengikuti event APEC TELMIN 2010 di Jepang pada Oktober mendatang.

(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010