Jeddah (ANTARA News) - Mantan Presiden RI keempat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur merupakan pendukung kuat Organisasi Konferensi Islam (OKI), kata Sekjen OKI Professor Ekmeleddin Ihsanoglu, di Kantor KJRI Jeddah, Rabu.

Sekjen OKI berkunjung ke KJRI Jeddah dan menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya mantan Presiden ke-4, KH. Abdurrohman Wahid, kata Dharmakirty SP, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Dalam ucapan dukanya yang disampaikan langsung kepada Konjen RI Jeddah Gatot Abdullah Mansyur di ruang kerjanya, ia mengatakan bahwa almarhum merupakan salah seorang tokoh yang bukan saja dikagumi oleh warga Indonesia namun juga oleh umat Islam dunia.

Ia menjelaskan bahwa Sekjen OKI itu menyebutkan bahwa mantan Presiden RI keempat itu juga telah meletakkan fondasi yang solid atas tegaknya demokrasi, berjuang keras untuk kebaikan bangsa Indonesia dan juga sebagai pendukung kuat OKI.

Untuk itu atas nama pribadi dan lembaga pihaknya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah Indonesia, keluarga besar almarhum dan juga warga Indonesia, katanya.

Ucapan belasungkawa atas wafatnya Presiden RI ke-4 juga datang ke KJRI Jeddah dari berbagai pihak antara lain dari Bank Pembangunan Islam dan para diplomat asing di wilayah Jeddah.

Ucapan belasungka tersebut tertulis dalam buku condolence yang disediakan KJRI Jeddah selama tiga hari kerja sejak hari Minggu yang lalu.

Sementara itu sejak wafatnya Presiden RI ke-4 ini, masyarakat Indonesia di Jeddah telah melaksanakan shalat ghaib dan tahlil bersama tiap setelah maghrib dan puncaknya akan diadakan peringatan 7 hari wafatnya Gus Dur di Balai Nusantara, Wisma Konjen RI Jeddah Rabu malam ini (6/1/2010).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010