Pertagas uji coba penyaluran gas perdana ke Bumi Siak Pusako

Pertagas uji coba penyaluran gas perdana ke Bumi Siak Pusako

Petugas PT Pertamina Gas sedang melakukan uji coba pipa gas distribusi ke Badan Operasional Bersama PT Bumi Siak Pusako. ANTARA/HO-Pertagas/am.

diselesaikannya proyek ini juga menjadi bentuk sinergi subholding gas meningkatkan utilisasi infrastruktur eksisting TGI
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi dari subholding gas PT PGN Tbk dan PT Pertamina, melakukan uji coba penyaluran gas perdana pipa distribusi untuk Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako.

Tahapan ini dilakukan setelah konstruksi pipa diselesaikan dan PHE Jambi Merang (bagian dari subholding hulu Pertamina) serta Pertagas menyampaikan nominasi gas kepada Transportasi Gas Indonesia (TGI), sesuai perjanjian transportasi gas antara Pertagas dan TGI.

“Selain meningkatkan serapan gas PHE Jambi Merang, diselesaikannya proyek ini juga menjadi bentuk sinergi subholding gas meningkatkan utilisasi infrastruktur eksisting TGI,” ujar Sekretaris Perusahaan Pertagas Fitri Erika dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: PGN-Pertagas mulai integrasikan infrastruktur pipa

Proyek pipa gas ini direncanakan memasok kebutuhan total BOB Siak Pusako (konsorsium BUMD-Pertamina) hingga sebesar 6,5 MMSCFD. Pembangunan pipa gas distribusi BOB Siak Pusako juga memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan pasokan gas untuk pembangkit listrik BOB Siak Pusako.

"Dengan dialirkannya gas ke BOB Siak Pusako, kita harapkan masalah defisit pasokan gas dan upaya menjaga ketahanan energi khususnya di Riau bisa teratasi,” jelasnya.

Erika menambahkan keberhasilan pembangunan pipa gas di tengah pandemi COVID-19 ini sekaligus menjadi bukti bahwa Pertagas mampu menerapkan manajemen proyek yang baik di tengah-tengah pembatasan sosial berskala besar yang sempat diterapkan di beberapa daerah, termasuk di Provinsi Riau.

Tahapan Engineering Procurement Constructon (EPC) proyek ini dimulai sejak Oktober 2019 lalu. “Alhamdulillah, berkat dukungan subholding gas, proyek bisa diselesaikan sesuai jadwal dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat,” katanya.

Baca juga: Pertagas siapkan uji coba komersial jaringan pipa gas Gresik-Semarang

Selain itu penyelesaian pembangunan pipa gas dengan panjang total 68 km ini, menjadi komitmen Pertagas ikut mewujudkan upaya subholding gas mengembangkan infrastruktur pipa gas yang ada di Indonesia saat ini.

Ruas pipa distribusi baru diharapkan semakin memperkuat infrastruktur gas di wilayah Provinsi Riau. Ke depannya selain untuk menyalurkan gas ke BOB Siak Pusako, pipa gas distribusi ini juga akan mampu memenuhi kebutuhan penggunaan gas di kawasan industri baru di wilayah Siak khususnya.

Diselesaikannya pipa gas distribusi BOB Siak Pusako, menambah daftar proyek Pertagas yang rampung sekaligus juga beroperasi tahun ini. Sebelumnya pada Juli 2020, Pertagas juga telah melakukan uji coba penyaluran gas di proyek pipa gas Gresik-Semarang.

Baca juga: Pertagas genjot peningkatan sambungan rumah tangga
 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wagub Sumbar sebut penyimpangan penyaluran tabung gas 3 kg

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar