Jakarta (ANTARA News) - Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia memberikan penghargaan kepada empat tokoh nasional yang dianggap berjasa di sektor konstruksi, diantaranya mantan wakil presiden Jusuf Kalla.

"Penghargaan kami berikan karena keempat tokoh dinilai berjasa mengembangkan sektor konstruksi di Indonesia," kata Ketua Umum Gapensi Soeharsojo di Pandaan Pasuruan Jawa Timur, Senin.

Selain Jusuf Kalla, tiga orang lainnya adalah Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, dan Agus Kartasasmita.

Penghargaan diberikan dalam acara HUT ke-51 Gapensi yang didukung 58 ribu penyedia jasa konstruksi yang 90 persen anggotanya pengusaha kecil.

Soeharsojo mengatakan, anugerah Bakti Pratama diberikan kepada tokoh-tokoh ternama yang memberi dukungan sektor konstruksi.

Soeharsojo mengatakan, pemberian kepada tokoh karena sumbangannya selama menjabat pada periode 2004 - 2009 seperti Jusuf Kalla ketika menjabat Wapres sudah empat kali hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan Gapensi.

Soeharsojo mengatakan, Gapensi menghadapi masalah yaitu 90 persen anggotanya yang merupakan usaha kecil harus memperebutkan proyek di bawah Rp1 miliar yang jumlahnya hanya 10 persen dari total proyek 2010.

Dia meminta pemerintah memberikan perhatian lebih besar kepada pengusaha kecil untuk program kerja ke depan dan memperbaiki UU No.18 tahun 2009 tentang jasa konstruksi dan Keppres No.80 tahun 2003 tentang penghargaan barang dan jasa.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010