Kabul (ANTARA News/AFP) - Pasukan NATO di Afghanistan Selasa, menurunkan jumlah tentara asing yang tewas, yang diumumkan sehari sebelumnya, dari enam menjadi lima.Tiga tentara Amerika Serikat, seorang prajurit Prancis dan seorang pakar penjinak bom Inggris tewas Senin, kata Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) NATO.

ISAF mengatakan, bahwa tentara yang tewas lainnya dalam bentrokan di Afghanistan timur yang menewaskan prajurit Prancis. Namun Selasa mereka mengatakan, bahwa tentara tersebut mengalami cedera berat.

"Anggota ISAF ini terluka, namun masih dalam kondisi kritis," kata pasukan koalisi yang dipimpin AS di dalam pernyataannya.

Petugas AS tersebut tewas dalam pertempuran melawan gerilyawan di Afghanistan selatan - yang merupakan pusat gerilya yang dipimpin Taliban - sedangkan pakar penjinak bom Inggris meninggal dalam satu ledakan di provinsi selatan Helmand.

Sejumlah 14 tentara asing telah tewas di Afghanistan selama tahun ini, menurut perhitungan AFP berdasarkan laporan laman Internet independen www.icasualties,org.

Pada tahun lalu, jumlah militer internasional yang tewas di Afghanistan mencapai 520, atau meningkat dari 295 pada 2008.

Di Afghanistan terdapat sekitar 113.000 tentara asing di bawah komando AS dan NATO, dengan sekitar 40.000 lagi akan dikirimkan pada tahun ini dalam rangka menghadapi Taliban.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010