Bandung (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Cameron R. Hume menyampaikan pesan pribadi Presiden AS Barrack Obama mengenai pentingnya kerjasama antara AS-Indonesia di bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam acara khusus yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Kepala Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Sangkot Marzuki di Pusat Penelitian Teknologi (PUSPITEK) Serpong, Rabu, Duta Besar Hume, mengutipkan kalimat Presiden Obama mengenai kerjasama itu.

Obama, dalam salah satu kutipannya, menyebut, "Seperti Anda ketahui, saya menghabiskan beberapa tahun masa kecil saya di Indonesia, dan Indonesia masih memegang tempat khusus di hati saya.

Banyak yang dapat dilakukan oleh Indonesia dan Amerika Serikat bersama-sama dari mengembangkan sumber-sumber energi baru, adaptasi perubahan iklim, hingga penanggulangan penyakit menular dan peningkatan pendidikan di bidang iptek dan matematika," katanya.

Obama mengungkapkan salutnya kepada Indonesia atas pendekatan aktifnya terhadap kerjasama ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Saya menyambut dukungan Anda dalam mencari jalan untuk kemitraan demi memenuhi kepentingan kita bersama. Karena dibutuhkan usaha dari kita semua untuk membuat ide-ide ini menjadi kenyataan," demikian Obama. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010