Jakarta (ANTARA News) - Produsen komputer, Dell, menyasar pasar usaha kecil menengah (UKM) Indonesia dengan meluncurkan produk barunya untuk bisnis berskala kecil menengah itu di Jakarta, Rabu.

Produk yang diusung dalam kampanye Dell dan Intel untuk membantu UKM itu adalah beberapa perangkat dalam line up produk bernama Vostro.

Dengan server R710 dan T110, laptop Vostro 13 serta 1220, dan all in one desktop Vostro 320, Dell menjanjikan sebuah efisiensi dalam pengelolaan bisnis UKM di Indonesia.

Menurut Country Manager Dell Indonesia Pieter Lydian, Dell melihat bahwa pasar UKM di Indonesia sangat potensial karena jumlahnya menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah sekitar 50 juta pada 2008, termasuk di dalamnya usaha mikro.

Bahkan hingga akhir 2009 sekitar 60 persen pendapatan nasional disumbang dari sektor tersebut, katanya.

Pieter memperkirakan pasar server di Indonesia pada 2010 akan tumbuh, namun dia tidak menyebutkan angkanya, demikian juga dengan target penjualan server Dell.

"Unitnya saya belum bisa quote, tapi SMB (small medium business) ini adalah salah satu fokus utama kita," katanya ketika ditanya mengenai target penjualan 2010.

SMB, menurut Pieter memiliki potensi yang besar. Dalam negara yang berekonomi kuat, SMB-nya juga kuat. Jadi kalau ingin ekonomi Indonesia kuat, SMB-nya juga harus kuat.

Dalam melayani SMB, Dell menawarkan produk yang sudah siap pakai dengan customized yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Bukan hanya layanan purna jual dengan jaringan yang tersebar luar di Indonesia, Dell juga memberikan layanan konsultasi bagi UKM yang menggunakan produknya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010