London,(ANTARA News) - Chelsea meluncurke puncak klasemen kompetisi Liga Utama Inggris setelah mengalahkan Birmingham City 3-0 di Stamford Bridge, Rabu malam.

Dua gol dari Frank Lampard dan satu disumbang Florent Malouda membuat Chelsea menambah angka menjadi 51 poin dari 22 pertandingan dan sekaligus mengakhiri kiprah belum terkalahkan Birmingham dari 12 pertandingan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Kemenangan itu membawa Chelsea kembali ke urutan puncak setelah tujuh hari ditempati Arsenal dan Manchester United ketika mereka seperti tidak bermainmenawan dalam kompetisi liga.

Arsenal, yang berada di urutan kedua sebelum pertandingan Rabu malam, memiliki peluang naik ke urutan teratas bila mereka bermain bagus atau Chelsea tidak beruntung, namun mereka hanya bermain tanpa gol melawan Aston Villa sehingga melorot ke urutan ketiga dengan 49 poin dari 23 pertandingan.

Malam yang memprihatinkan bagi Arsenal, karena pemain bertahan mereka Thomas Vermaelan yang berusia 24 tahun dari Belgia, harus keluar dari lapangan karena mengalami cedera dan diperhitungkan tulang kakinya cedera.

"Kakinya kaku, mungkin ada masalah pada tulangnya atau urat. Kami berharap tidak ada masalah dan hal itu akan diperiksa besok pagi," kata pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Manchester United, yang maju ke final kompetisi Piala Liga melawan Aston Villa setelah mengalahkan Manchester City 3-1, Rabu, melorot ke urutan kedua dengan simpanan 50 poin dari 23 pertandingan.

Tottenham Hotspur berada dalam urutan empat besar dengan koleksi 41 poin setelah menang 2-0 atas Fulham, Selasa.

Chelsea, yang menang dalam empat laga mereka sebelumnya dalam kompetisi liga dan piala dengan mencetak 16 gol, hanya butuh lima menit untuk mencetak gol melalui Malouda yang mendapat umpan dari Joe Cole.

Mereka menggandakan angka mereka sebelum turun minum ketika Lampard mendapat bola dan menembak secara mendatar melewati Joe Hart dan ia menambahnya lewat gebrakan lain sebelum pluit akhir ditiup wasit.

"Amat penting bagi kami memenangi pertandingan malam ini. Mereka tim yang bagus, tapi kami bermain dengan bagus pula selama 90 menit," kata bos Chelsea Carlo Ancelotti kepada Sky Sports News.

Bos Birmingham Alex McLeish, yang timnya belum terkalahkan dalam 15 pertandingan berbagai kompetisi, mengatakan pada pemainnya kecewa setelah mengalami kekalahan pertama sejak 17 Oktober.

"Mereka amat kecewa," katanya, "Tetapi kami mengawali tidak seperti biasanya. Kami bertahan dengan buruk," katanya.

Arsenal tidak menemukan jalan untuk menembus pertahanan Villa dan kedua tim sama-sama nyaris menembus gawang lawan masing-masing.

Pelatih Villa Martin O`Neill mengatakan sejak ia kalah 0-3 atas Arsenal sebulan lalu, timnya tidak mendapatkan poin yang mereka harapkan.

"Saya berharap situasinya akan berubah dalam beberapa minggu ini. Kendati kami belum mencetak gol dalam empat laga liga tapi kami mampu menciptakan peluang dan penjaga gawang mereka amat tangkas menjaga gawangnya," katanya.

Everton yang tampil semakin bagus mengalahkan Sunderland 2-0 di Goodison Park dan gol dilahirkan Tim Cahill dan Landon Donovan sehingga tim itu naik ke urutan kesembilan.

Blackburn naik ke tangga ke-11 dengan kemenangan 2-1 atas Wigan Athletic.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010