Formula 1

Statistik Grand Prix Tuscan di Mugello

Statistik Grand Prix Tuscan di Mugello

Gambaran umum balapan Formula 1 di Sirkuit Monza, Italia. (6/9/2020) Pool via Reuters/Matteo Bazzi

Jakarta (ANTARA) - Berikut statistik Grand Prix Tuscan yang akan digelar di Sirkuit Mugello, Italia, sebagai balapan kesembilan di kalender Formula 1 musim 2020:

Jarak satu putaran: 5,245km
Jarak total balapan: 309,455km (59 lap)
Start: 20:10 WIB

Balapan di Mugello pada Minggu nanti akan menandai Grand Prix ke-1000 bagi Ferrari sejak tim asal Italia itu turun pertama kali di Monako pada 1950.

Baca juga: Ferrari gunakan livery spesial untuk rayakan GP ke-1000 di Mugello

Mugello, sirkuit yang dimiliki oleh Ferrari, belum pernah menjadi tuan rumah grand prix Formula 1 sebelumnya, kendati tim dan pebalap sempat menjalani sesi tes ofisial di sirkuit itu pada 2012.

Oleh karena itu, Mugello menjadi sirkuit keempat di Italia yang pernah masuk di kalender F1 setelah Monza, Imola dan Pescara.

Sirkuit yang terletak di pegunungan Tuscan dekat Florence itu memiliki 14 tikungan, dan satu lintasan lurus panjang. Mugello selama ini langganan menggelar grand prix MotoGP Italia.

Jumlah kemenangan
Lewis Hamilton saat ini mengemas 89 kemenangan dari 258 start sepanjang kariernya dan terpaut dua kemenangan dari rekor sepanjang masa yang dipegang Michael Schumacher. Sebastian Vettel menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak setelah pebalap Inggris itu yaitu 53.

Hamilton memenangi lima dari delapan balapan sejauh ini pada 2020; enam di antaranya dimenangi Mercedes. Pebalap Red Bull Max Verstappen dan pebalap AlphaTauri Pierre Gasly menjadi dua pemenang lainnya musim ini, keduanya menggunakan mobil yang ditenagai mesin Honda.

Ferrari telah memenangi 238 balapan sejak 1950, McLaren 182, Williams 114, Mercedes 108, dan Red Bull 63. Mantan juara dunia McLaren dan Williams belum pernah menang balapan lagi sejak 2012.

Baca juga: Vettel jadi pebalap Aston Martin mulai musim 2021

Pole position
Hamilton memegang rekor pole position terbanyak yaitu 94 kali.

Mercedes telah start dari posisi terdepan sepanjang musim ini.

Podium
Hamilton memiliki rekor 157 finis podium

Poin
Hamilton juga selalu finis dengan poin di 41 balapan terakhirnya. Saat ini ia memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 47 poin dari rival terdekatnya yang juga rekan satu tim Valtteri Bottas.

Capaian 164 poin Hamilton saat ini bahkan lebih banyak dari raihan poin Red Bull sebagai tim .

Semua tim kecuali Williams belum mencetak poin musim ini.

Baca juga: Gasly raih kemenangan F1 perdana di GP Italia, Hamilton kena penalti

Capaian lainnya
Kemenangan Gasly di Monza akhir pekan lalu merupakan kemenangan pertama bagi seorang pebalap Prancis di grand prix sejak Oliver Panis juara di Monako pada 1996. Gasly tercatat sebagai pebalap ke-109 yang menjadi juara grand prix, setelah Charles Leclerc memenangi Grand Prix Belgia untuk Ferrari musim lalu.

Itu juga menjadi pertama kalinya bagi pebalap di luar tim Mercedes, Ferrari, Red Bull, yang memenangi balapan sejak Kimi Raikkonen juara di Australia untuk Lotus pada 2013.

Catatan waktu Hamilton di kualifikasi akhir pekan lalu di Monza menjadi catatan waktu tercepat sepanjang sejarah, ketika pebalap Mercedes itu melaju dengan kecepatan rata-rata 264,362kpj, demikian Reuters.

Baca juga: Sergio Perez tinggalkan Racing Point akhir musim ini

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar