Basemen Gedung Onkologi RSUD Dr Soetomo Surabaya terbakar

Basemen Gedung Onkologi RSUD Dr Soetomo Surabaya terbakar

Mobil pemadam kebakaran (PMK) memadamkan api yang berasal dari Bassement parkiran gedung ongkology RSUD dr Soetomo, Surabaya, Senin (14/9/2020). (ANTARA/Didik Suhartono)

Kami belum tahu penyebabnya, tapi yang terbakar adalah kabel dan cat milik proyek yang sedang membangun proyek gedung rawat jalan
Surabaya (ANTARA) - Ruang parkir bawah tanah atau basemen Gedung Onkologi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, terbakar pada Senin sekitar pukul 14.54 WIB.

Direktur Penunjang Medik RSUD dr Soetomo Surabaya Prof Hendrian Dwikoloso mengatakan kebakaran sempat berlangsung selama 30 menit, dan api berhasil dipadamkan oleh petugas sekitar pukul 15.30 WIB.

"Kami belum tahu penyebabnya, tapi yang terbakar adalah kabel dan cat milik proyek yang sedang membangun proyek gedung rawat jalan," ujarnya di lokasi kejadian.

Ia mengatakan, saat terjadi kebakaran petugas langsung mengevakuasi puluhan pasien dan karyawan yang ada di Gedung Onkologi rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut.

"Karena membahayakan pasien. Karena ada asap, ada api, kami lakukan evakuasi secepat mungkin terhadap pasien dan karyawan," ucapnya.

Hendrian memastikan kebakaran tersebut tidak mengganggu pelayanan di rumah sakit karena yang terbakar alat penyimpanan yang disebutnya tak berharga seperti kabel, cat, dan peralatan lain pendukung proyek.

"Genset tidak ada (terbakar), tapi hanya gudang. Mudah-mudahan pelayanan berjalan," katanya.

Laporan kebakaran di RSUD dr Soetomo Surabaya ini masuk ke Command Center 112 sekitar pukul 14.54 WIB.

Sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran, termasuk rescue dan bronto skylift diterjunkan untuk menjinakkan "si jago merah".

Ketika terjadi peristiwa itu, kawasan Jalan Dharmawangsa, Kelurahan Airlangga, sekitar Gedung Onkologi RSUD dr Soetomo Surabaya, sempat ditutup untuk mobilitas mobil dan petugas pemadam kebakaran.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Surabaya ungkap kesulitan koordinasi dengan RSUD dr. Soetomo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar