Jakarta (ANTARA News) - Yayasan "Friends of Obama" yang memasang patung Obama kecil di Taman Menteng, Jakarta Pusat, menyatakan tidak keberatan dengan rencana pemindahan patung tersebut ke SD Menteng 01 yang disampaikan Gubernur DKI Fauzi Bowo.

"Kalau pemerintah daerah menginginkan demikian, kita akan ikuti. Lagipula, merekalah yang menyetujui lokasi penempatan patung itu awalnya," kata Ketua Yayasan Friends of Obama Ron Mullers ketika dihubungi di Jakarta, Jumat.

Yayasan disebut Ron sedang membicarakan mengenai rencana pemindahan tersebut dan akan membuat keputusan resmi dalam seminggu kedepan.

"(Jika jadi dipindahkan) Kita mungkin akan membuat acara lain di lokasi barunya di SD Besuki (sebutan lain bagi SD Menteng 01), tapi kita lihat saja nanti," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI mengatakan akan memindahkan patung "Little Barry" (panggilan masa kecil Presiden AS Barack Obama) atau juga disebut patung "Barry`s Dream" ke SD Menteng 01 yang merupakan mantan sekolah Obama ketika tinggal di Indonesia pada era 1960-an.

Pemindahan itu disebabkan karena adanya penolakan dari beberapa kelompok masyarakat mengenai pemasangan patung yang dianggap kurang tepat untuk ditaruh di tempat umum dan seharusnya dipasang pahlawan lokal.

"Jadi saya menyetujui aspirasi dari berbagai inisiatif untuk menempatkan Patung Barry`s Dream ini di SDN Menteng 01 sebagai tempatnya yang permanen. Saya kira itu adalah tempat yang paling pas dan kita akan persiapkan segala sesuatunya dalam waktu singkat," kata Fauzi di Balaikota Jakarta, Jumat.

Sementara itu, grup yang dibentuk di laman jejaring pertemanan Facebook "Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng" telah memasukkan gugatan hukum kepada Pemprov DKI pada tanggal 22 Januari lalu.

Menurut penasehat hukum grup tersebut, Abdul Hadi Lubis dari Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI), gugatan hukum itu dilayangkan setelah surat permohonan "hearing" atau dengar pendapat yang dikirimkan ke Pemprov DKI dan DPRD tidak mendapat tanggapan.

"Kita telah meminta agar patung tersebut diturunkan sejak Desember lalu, kita akan melanjutkan gugatan hukumnya," katanya.

Namun gugatan hukum itu disebutnya dapat dicabut jika Pemprov DKI melakukan tindakan nyata memindahkan patung tersebut.

"Jika patung itu telah dipindahkan, kita mungkin akan mencabut gugatan itu," katanya.

Hingga didirikan, grup "Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng" kini memiliki anggota lebih dari 56.541 orang.
(T.A043/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010