Tertekan sektor perbankan, saham Australia berakhir cenderung datar

Tertekan sektor perbankan, saham Australia berakhir cenderung datar

Dokumentasi - Seorang investor berjalan melewati monitor yang memperlihatkan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) di Sydney, Australia, Senin (27/6/2016). ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Sedikit lebih baik dari perkiraan data bulanan dari China juga membantu mengangkat pasar dari titik terendah.
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia ditutup sedikit lebih rendah pada perdagangan Selasa, karena kerugian dari bank-bank besar membebani bursa lokal, namun keuntungan sektor lain menahan penurunan lebih lanjut.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 4,70 poin atau 0,08 persen menjadi 5.894,80 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas berkurang 0,80 poin atau 0,01 persen menjadi 6.079,30 poin.

Baca juga: Saham Australia dibuka datar, penurunan keuangan imbangi kenaikan

Penurunan saham perbankan sangat membebani, sementara keuntungan dari penambang emas, saham properti, Afterpay, dan CSL membantu mengimbangi sebagian besar kerugian, menurut CommSec.

"Sedikit lebih baik dari perkiraan data bulanan dari China juga membantu mengangkat pasar dari titik terendah," kata analis pasar CommSec, Steven Daghlian.

Di bidang keuangan, bank-bank besar merosot dengan Commonwealth Bank turun 1,72 persen, ANZ turun 1,87 persen, National Australia Bank turun 1,38 persen, dan Westpac Bank turun 1,47 persen.

Baca juga: IHSG ditutup melemah dipicu aksi ambil untung

Saham-saham pertambangan bervariasi dengan Rio Tinto turun 1,54 persen, BHP naik 0,67 persen, Fortescue Metals turun 0,06 persen, dan penambang emas Newcrest naik 1,92 persen.

Produsen minyak dan gas anjlok dengan Oil Search turun 3,43 persen, Santos turun 2,86 persen, dan Woodside Petroleum turun 1,09 persen.

Baca juga: Saham China dibuka bervariasi setelah menguat dua hari beruntun

Supermarket terbesar Australia tergelincir dengan Coles turun 0,64 persen dan Woolworths turun 0,41 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra merosot 2,08 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas tidak berubah dan perusahaan biomedis CSL terangkat 1,45 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar