Ciamis (ANTARA News) - Perampok yang membawa kabur uang dalam mobil BCA sebesar Rp2 miliar sempat memesan kopi di sebuah warung pinggiran jalan tidak jauh dari lokasi kejadian di jalan Baru Dusun Sukamaju, Desa Sukamaju, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pemilik warung kopi, Idayah (30) kepada wartawan, Sabtu mengatakan pelaku perampokan dengan mengenakan seragam polisi sempat singgah dan meminum kopi sebelum melakukan aksi perampokan, Jumat petang.

"Saat itu hujan, datang seorang anggota polisi pakai helm, kemudian diam di warung dan pesan kopi," kata Idayah.

Ia menjelaskan pelaku berseragam polisi dengan mengenakan helm turun dari mobil umum warna putih sekitar pukul 16.00 WIB, kemudian duduk di warung tanpa membuka helm saat memesan kopi dan mengambil kopi pesanannya.

Namun, sekali-kali helm dibuka sedikit ketika akan minum kopi.

"Saya hanya tahu gitu saja, saya kira polisi beneran lagi tugas dengan berseragam lengkap, diam di warung saya sekitar sejam," katanya.

Sementara itu Kapolres Ciamis AKBP Agus Santoso SIK membenarkan dari hasil pemeriksaan saksi mata, pelaku perampokan terhadap mobil BCA menyamar dengan menggunakan pakaian polisi.

Ia menjelaskan aksi perampokan yang dilakukan sendirian dengan memberhentikan mobil BCA cabang Ciamis di kawasan jalan Sindangkasih menuju arah kota Tasikmalaya.

Pelaku melakukan aksinya sendirian dengan menghentikan mobil bank BCA, kemudian langsung menuduh kepada pengemudi, Gugun telah menyerempet kendaraan lain di kawasan Ciamis.

Gugun yang tidak terima tuduhan tersebut mengelak namun, pelaku berseragam polisi membawa senjata api mengancamnya dengan menembakan senjata ke atas udara.

Tembakan tersebut membuat supir dan seorang satpam yang bertugas sebagai pengawal serta ketiga pegawai Bank BCA yang ada di dalam mobil ketakutan dan disuruh keluar mobil.

Perampok yang masih menodongkan pistolnya langsung membawa kabur mobil BCA yang mengangkut uang sebesar Rp2 miliar di dalam brankas yang disimpan di bagasi belakang mobil melaju ke arah Tasikmalaya.

"Pelaku melakukan modus terbilang baru dengan memberhentikan mobil pura-pura memeriksa kendaraan korban," katanya.

Sementara itu supir, satpam beserta tiga pegawai bank BCA masih dilakukan pemeriksaan pihak kepolisian Polres Ciamis, sedangkan pelaku masih dalam pencarian, namun mobil yang dibawa kabur pelaku dikabarkan sudah ditemukan di daerah Bandung.(PK-FPM/A038

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010