Tegal (ANTARA News) - Ratusan umat Khonghucu Kota Tegal, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin), Minggu, berdoa khusus untuk memperingati 40 hari wafatnya mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Sembahyang ini kami lakukan secara khusus untuk mendoakan Gus Dur. Beliau tokoh nasional yang selama ini dibanggakan oleh umat Khonghucu," kata Ketua Makin Kota Tegal, Gyong Gyong di Tegal, Minggu.

Mereka bersembahyang secara khusyuk di Sekretariat Makin, di Jalan Gurame Nomor 1 Kota Tegal.

Ia mengatakan, cucu pendiri Nahdatul Ulama KH Hasyim Asy`ari tersebut adalah tokoh nasional yang hingga saat ini belum ada penggantinya dan semasa hidupnya berjasa untuk bangsa Indonesia termasuk untuk kepentingan umat Khonghucu.

"Hanya doa yang bisa kami berikan atas jasa yang telah diberikan Gus Dur kepada umat Khonghucu dan semoga beliau diberi tempat yang layak dan diterima semua amal perbuatanya oleh Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Selain memanjatkan doa untuk Gus Dur, katanya, umat juga mendukung pemberian gelar pahlawan nasional oleh negara kepada Presiden ke-4 RI itu.

Ia mengatakan, umat setempat akan mengirim surat kepada DPRD Kota Tegal guna mewujudkan dukungannya terhadap pemberian gelar pahlawan nasional kepada Gus Dur.

"Gus Dur sudah selayaknya ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Dalam waktu dekat ini Makin Kota Tegal akan mengirim surat kepada DPRD Kota Tegal," katanya.

K-KTD/M029

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010