Liga Jerman

Bayern harus awali Bundesliga tanpa penonton

Bayern harus awali Bundesliga tanpa penonton

Para pemain Bayern Munich mengenakan kaus khusus yang menandai raihan gelar juara Liga Jerman untuk kedelapan kalinya secara beruntun, setelah memainkan pertandingan melawan Werder Bremen di Weser Stadion, Bremen, Selasa (16/6/2020). (ANTARA/AFP/MARTIN MEISSNER)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen harus mengawali kiprah mereka mempertahankan gelar juara Bundesliga dengan pertandingan tanpa penonton menyusul tingginya tingkat infeksi virus corona di ibu kota Bavaria itu, demikian kata pejabat setempat, Kamis.

Keputusan itu memupus rencana juara Eropa tersebut untuk mengizinkan 7.500 penonton memasuki Allianz Arena guna menyaksikan pertandingan pembuka Bundesliga 2020/21 menjamu Schalke 04, Jumat (18/9) waktu setempat.

"Akan menjadi sinyal yang salah membiarkan penonton memasuki stadion olahraga dengan latar belakang situasi belakangan ini," kata Wali Kota Muenchen Dieter Reiter dikutip dari AFP.

Baca juga: Dortmund buka pintu bagi penonton pada laga pembukaan Liga Jerman

Pemerintah Jerman memberi klub-klub Bundesliga lampu hijau untuk mengizinkan kembalinya sebagian penonton ke dalam stadion, dengan syarat tingkat infeksi di setiap wilayah tetap di bawah 35 per 100.000 penduduk.

Namun, angka untuk Muenchen ditinjau kembali menjadi 47,6 per 100.000 penduduk pada Kamis, sehingga tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Sementara sang juara bertahan harus kick off tanpa penonton, sejumlah penonton diperkirakan akan menghadiri pertandingan Bundesliga lainnya pada akhir pekan pembuka musim liga.

Baca juga: Kingsley Coman absen latihan Bayern dan jalani swakarantina
Baca juga: Liga Jerman sepakat lanjutkan penerapan lima pergantian pemain


Reiter mengatakan ia bisa memahami frustrasinya klub dan penggemar Bayern, namun "bagi saya, angka yang tinggi ini berarti bahwa kita setidaknya harus berpikir mengenai pembatasan yang jauh lebih drastis dalam kehidupan publik."

"Saya tidak bisa membiarkan ribuan penggemar memasuki stadion pada saat yang sama," ujarnya menambahkan.

Pelatih kepala Bayern Hansi Flick menerima kabar tersebut saat mereka memulai untuk mengejar gelar Bundesliga kesembilan berturut-turut.

"Saya selalu mengatakan saya lebih suka mengawasi berbagai hal," kata Flick kepada wartawan, Kamis.

"Kita harus menjaga diri kita sendiri dan memanfaatkan situasi sebaik-baiknya.

"Anda harus memperhitungkan jumlahnya. Ini adalah hal-hal yang saya tidak bisa berbuat apa-apa, kita harus bersiap untuk itu."

Baca juga: Hansi Flick sampaikan salam perpisahan kepada Thiago Alcantara
Baca juga: Dortmund buka pintu bagi penonton pada laga pembukaan Liga Jerman

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas minta pemerintah daerah pastikan kualitas penanganan pasien COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar