Bandung  (ANTARA News) - Menakertrans H Muhaimin Iskandar menghadiri dekrarasi Forum Pekerja Mandiri Jawa Barat yang digelar di halaman Gedung Sate Kota Bandung, Kamis.

Kegiatan deklarasi Forum Pekerja Mandiri Jabar itu dihadiri oleh para kader pemuda mandiri dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Hadir pada kesempatan itu Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan, Wagub H Dede Yusuf dan Ketua DPRD Jabar H Irfan Suryanagara.

"Forum Pekerja Mandiri untuk mendorong spirit masyarakat khususnya kaum muda untuk menciptakan pekerjaan dan lapangan kerja sendiri sehingga menjadi solusi bagi masalah pengangguran," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat H Mustofa Djamaludin.

Mustopa menyebutkan, semua warga negara berhak memanfaatkan dan mengolah sumber daya alamnya untuk kesejahteraan.

Pekerja Mandiri, kata dia, merupakan komunitas pekerja yang menciptakan pekerjaan secara mandiri atau informal dan bekerja di luar sektor pekerjaan ekonomi formal.

Selain itu pekerja mandiri mempunyai hak atas jaminan sosial yang memungkinkan untuk dapat mengembangkan diri untuk menjadi manusia yang bermartabat.

"Forum Pekerja Mandiri merupakan organisasi profesi yang independen dan tidak berafiliasi kepada partai politik manapun," kata Mustofa.

Selain deklarasi Forum Pekerja Mandiri, pada kesempatan itu juga digelar Bursa Kerja yang diikuti sejumlah perusahaan, industri dan pameran produk UKM Jabar yang digelar di Lapangan Parkir Barat Gedung Sate Kota Bandung.

Bursa Kerja tingkat provinsi Jabar itu akan berlangsung dua hari yakni Kamis dan Jumat dengan menyediakan puluhan ribu lowongan kerja.

Bursa kerja merupakan kegiatan rutin yang digelar Disnakertrans Jabar yang mempertemukan langsung pencari kerja dengan perusahaan dan institusi pembuka lowongan kerja.
(S033/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010