Liga Inggris

Leeds raih kemenangan perdana, tundukkan Fulham 4-3

Leeds raih kemenangan perdana, tundukkan Fulham 4-3

Penyerang sayap Leeds United Helder Costa (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol kedua ke gawang Fulham dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Elland Road, Leeds, Inggris, Sabtu (19/9/2020). ANTARA/REUTERS/POOL/Oli Scarff.

Jakarta (ANTARA) - Leeds United meraih kemenangan perdana di Liga Inggris setelah menundukkan Fulham 4-3 dalam laga pekan kedua di Stadion Elland Road, Sabtu.

Sempat unggul 4-1 berkat dwigol Helder Costa, Mateusz Klich dan Patrick Bamford, Leeds susah payah mempertahankan keunggulannya di tengah kebangkitan Fulham yang disokong dwigol Aleksandar Mitrovic dan Bobby Reid.

Hasil itu membuat Leeds sementara naik ke urutan kesembilan klasemen dengan koleksi tiga poin dan selisih gol impas, sedangkan Fulham yang nirpoin tertahan di posisi ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Bielsa ingin koreksi penampilan Leeds jelang jamu Fulham

Performa bagus kontra Liverpool pekan lalu tampaknya bakal dilanjutkan Leeds yang unggul hanya lima menit setelah sepak mula melalui Costa yang memanfaatkan situasi sepak pojok.

Keunggulan itu raib setelah Fulham memperoleh tendangan penalti akibat pelanggaran Robin Koch terhadap Joe Bryan, yang sukses dieksekusi Mitrovic pada menit ke-34.

Tujuh menit kemudian giliran tuan rumah yang mendapat hadiah tendangan 12 pas setelah Bamford dijatuhkan oleh Bryan di area terlarang dan kesempatan itu sukses dimanfaatkan Klich untuk kembali membawa Leeds memimpin 2-1 hingga babak pertama usai.

Leeds mengawali babak kedua dengan sangat baik, lima menit selepas sepak lanjut Klich mengirim umpan terobosan yang mantap diselesaikan Bamford untuk mengubah kedudukan jadi 3-1.

Debut kiper Alphonse Areola di Liga Premier semakin memburuk ketika gawangnya kemasukan gol keempat, yang dicetak Costa memanfaatkan umpan tarik Bamford pada menit ke-57.

Baca juga: Scott Parker berharap rekrutan anyar Fulham bisa main lawan Leeds
Baca juga: Leeds disingkirkan Hull dari Piala Liga Inggris


Lima menit berselang, Fulham mengejar lewat aksi serangan menawan dari Andre-Frank Zambo Anguissa yang diakhiri sepakan Reid untuk menaklukkan kiper Illan Meslier dan kedudukan jadi 2-4.

Momentum kebangkitan tampaknya dimiliki Fulham sebab pada menit ke-67 Mitrovic mencetak gol keduanya menanduk umpan silang Kenny Tete dari sisi kanan untuk memperkecil ketertinggalan 3-4.

Namun, Dewi Fortuna tampaknya memberi pertanda memalingkan wajah dari Fulham sebab peluang bagus Neeskens Kebano yang sudah tak terjangkau Meslier malah ditolak oleh tiang gawang.

Kedua tim saling serang tetapi tak ada gol tambahan tercipta dan Leeds mengantungi tiga poin penuh ketika peluit tanda laga usai berbunyi dalam kedudukan 4-3 atas Fulham.

Leeds selanjutnya akan bertandang ke markas Sheffield United pada Minggu (27/9), sedangkan Fulham bakal lebih dulu menjamu Sheffield Wednesday di putaran ketiga Piala Liga Inggris pada Rabu (23/9) sebelum memainkan laga ketiga Liga Inggris menghadapi Aston Villa lima hari berselang.

Baca juga: James cetak gol perdana, Everton lumat 10 pemain West Brom 5-2
Baca juga: Jadwal Liga Inggris malam ini, MU awali musim jamu Palace


Susunan pemain:

Leeds United (4-1-4-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Liam Cooper, Stuart Dallas; Kalvin Phillips; Helder Costa, Rodrigo Moreno (Tyler Roberts), Mateusz Klich, Jack Harrison; Patrick Bamford (Ezgjan Alioski)
Pelatih: Marcelo Bielsa

Fulham (4-2-3-1): Alphonse Areola; Kenny Tete, Michael Hector, Denis Odoi, Joe Bryan; Andre-Frank Zambo Anguissa, Harrison Reed (Mario Lemina); Ivan Cavaleiro, Joshua Onomah (Bobby Reid), Aboubakar Kamara (Neeskens Kebano); Aleksandar Mitrovic
Pelatih: Scott Parker

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Luis Leeds Optimistis Bawa Bendera Merah Putih ke F1

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar