Liverpool, Inggris (ANTARA News/AFP) - Tim Liga Utama Inggris, Everton, akan mendapatkan sedikit keuntungan ke Portugal pada pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Eropa setelah mengalahkan Sporting Lisbon 2-1 di Liverpool, Selasa.

Tim asuhan David Moyes itu tampaknya akan melaju ke babak 16 besar setelah gol-gol dari gelandang asal Afrika Selatan, Steven Pienaar dan bek Prancis, Sylvain Distin, membuat tuan rumah unggul dua gol beberapa saat setelah babak kedua dimulai.

Tetapi, Distin dikeluarkan dari lapangan pertandingan empat menit sebelum pertandingan usai karena melakukan ganjalan keras di kotak penalti dan Miguel Veloso menjalankan tugasnya secara baik, sehingga mengurangi keuntungan Everton pada pertandingan leg kedua 25 Februari.

Meskipun mengalahkan Chelsea di pertandingan terakhir mereka, Moyes masih melakukan dua perubahan pada tim Everton, yakni Pienaar menggantikan pemain sayap Rusia, Diniyar Bilyaletdinov, sementara bek Nigeria, Joseph Yobo, menggantikan John Heitinga.

Everton hampir unggul di menit ke-12 ketika gelandang Australia, Tim Cahill, memberi umpan kepada Louis Saha untuk berpacu menuju daerah penalti. Pemain penyerang Prancis itu, yang sudah mencetak 15 gol musim ini, harus bereaksi secara cepat untuk dapat melancarkan tembakan dan penjaga gawang Sporting Rui Patricio mampu menghadang tembakan itu.

Cahill berkesempatan mencetak gol ketika ia menyundul bola dari sepak pojok Leighton Baines, namun bola sundulannya terlalu melebar.

Pienaar, yang dikeluarkan dari lapangan di Liverpool pada penampilan terakhirnya, tetapi pemain asal Afrika Selatan itu mampu mencetak gol di menit ke-35.

Phil Neville mengoper bola kepada Cahill dan ia secara cerdik mengirim bola dengan tumit belakangnya kepada Pienaar dan ia menjebloskan bola ke gawang lawan untuk menciptakan gol keenamnya musim ini.

Gol tersebut membangkitkan semangat Sporting dan Marat Izmailov mendapat operan bola dari mantan gelandang Rangers, Pedro Mendes, yang menguji penjaga gawang Everton, Tim Howard, untuk pertama kalinya.

Baines memberi umpan dari pojok lapangan dan Patricio segera mengejarnya, sehingga memberi kesempatan kepada Distin untuk mencetak gol dari jarak dekat, meskipun ia tidak tahu bagaimana bola menyentuhnya.

Di saat-saat terakhir pertandingan, Distin dikeluarkan dari lapangan pertandingan setelah melakukan ganjalan keras terhadap Liedson dan Veloso melakukan tendangan penalti secara baik. (S005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010