Gugus Tugas Belitung temukan penyebaran COVID-19 klaster keluarga

Gugus Tugas Belitung temukan penyebaran COVID-19 klaster keluarga

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh (ANTARA/kasmono)

Belitung,Babel (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menemukan kasus penyebaran COVID-19 di daerah itu yang merupakan klaster keluarga.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Kamis, mengatakan dua kasus baru positif COVID-19 di daerah itu merupakan klaster keluarga dikarenakan adanya transmisi COVID-19 di lingkungan mereka.

Baca juga: Klaster keluarga picu tingginya kasus COVID-19 di Cengkareng Timur

"Iya sudah masuk kategori klaster keluarga namun kami tidak tinggal diam dan terus menanyakan apakah ada yang pernah kontak atau berhubungan dengan orang-orang ini untuk dilakukan uji cepat COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan, penyebaran COVID-19 melalui klaster keluarga teridentifikasi dari kasus pasien positif COVID-19, JN (60) WNA asal Prancis kemudian terjadinya transmisi kepada IL (52) dan NA (9) yang merupakan istri dan anaknya.

Sedangkan untuk kasus klaster keluarga lainnya adalah pasien positif COVID-19, SS (57) dan WS (63) merupakan pasangan suami istri.

Keduanya juga merupakan pasien rujukan dari rumah sakit swasta di daerah itu dengan keluhan gejala sesak, batuk dan suspek bronkopneumonia dan diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

Baca juga: Didominasi klaster keluarga, zona merah COVID-19 Kota Tangerang

"Makanya apabila ada orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien ini atas kesadarannya untuk memberitahukan kepada kami sehingga akan dilakukan uji cepat dan sampai sejauh ini berdasarkan hasil uji cepat Alhamdulillah belum ditemukan tambahan dari lima orang yang positif tersebut," ujarnya.

Dengan demikian, dirinya mengajak masyarakat di daerah itu untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kami juga akan rutin melakukan penertiban bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker," katanya.

Baca juga: Bupati Banyumas: Waspadai klaster keluarga dalam penularan COVID-19
Baca juga: Waspadai peningkatan kasus klaster keluarga-perkantoran di Yogyakarta
Baca juga: Dinkes Lampung ungkap COVID-19 sudah menyebar melalui klaster keluarga

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Tangerang awasi klaster keluarga, sosialisasi 3M gencar dilakukan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar