Jubir : 3.688 pasien di Papua sembuh dari COVID-19

Jubir : 3.688 pasien di Papua sembuh dari COVID-19

Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule (ANTARA/Musa Abubar)

Jayapura (ANTARA) - Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule mengatakan sejak 17 Maret hingga 23 September 2020 pihaknya mencatat pasien sembuh dari corona di wilayahnya bertambah 3.688 dari sebelumnya 3.646 orang.

Silwanus di Jayapura, Kamis, menyebutkan dari data yang diperoleh pada Rabu (23/9) Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di Papua mencatat sebanyak 42 pasien sembuh dari corona setelah menjalani perawatan, dengan sebaran Kabupaten Mimika, sebanyak 23 orang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan.

Satu pasien dinyatakan sembuh dari corona di Kabupaten Supiori, satu orang dari Kabupaten Jayapura, sebanyak 12 pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani perawatan di Kabupaten Yalimo, Kabupaten Keerom dua pasien sembuh setelah menjalani perawatan, tiga orang dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani perawatan di Kota Jayapura.

Pada Rabu itu, Satgas COVID-19 mencatat total pasien meninggal akibat terpapar corona bertambah menjadi 80 orang dari sebelumnya 79 orang. Masih pada Rabu itu, satu pasien pasien meninggal akibat terpapar corona di Kota Jayapura. Dinas Kesehatan Kota Jayapura belum mengirim data lengkap terkait identitas pasien tersebut.

Baca juga: Sudah 38 nakes di Manokwari terpapar COVID-19

Baca juga: Empat fasilitas kesehatan di Manokwari tutup akibat COVID-19


Pasien terkonfirmasi corona di wilayah paling timur itu terus bertambah menjadi 5.375 orang dari sebelumnya 5.201 orang. Pada Rabu (23/9) sesuai data yang diperoleh sebanyak 174 pasien terkonfirmasi terpapar corona dengan sebaran, Kabupaten Mimika 48 orang. Kabupaten Jayapura, 10 orang.

Selanjutnya, lima orang dari Kabupaten Kepulauan Yapen, dua orang dari Kabupaten Sarmi, sembilan orang dari Kabupaten Nabire, empat orang dari Kabupaten Jayawijaya, dua orang dari Kabupaten Merauke, Kabupaten Biak Numfor empat orang dan Kota Jayapura sebanyak 90 orang.

Sejak 17 Maret sampai 23 September 2020 jumlah total pasien positif terpapar COVID-19 di Provinsi Papua sebanyak 5.375 orang. Dari jumlah itu, 3.688 orang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, 1.607 orang di antaranya masih menjalani perawatan. Sedangkan pasien meninggal akibat terpapar COVID-19 sebanyak 80 orang.

Ia menambahkan, Satgas COVID-19 Papua mendata delapan kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau/bebas dari penyebaran corona yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Sarmi, Mamberamo Tengah, Waropen, Puncak Jaya, Supiori, Yalimo dan Kabupaten Boven Digoel.

Baca juga: Bertambah 87, positif COVID-19 Papua Barat kini 1.674

Baca juga: Tangani COVID-19, satu dokter spesialis paru segera tiba di Manokwari

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Istri Gubernur Riau Misnarni Syamsuar terkonfirmasi positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar