Di kawasan perbatasan RI-Malaysia, BLT Dana Desa sudah diserahkan

Di kawasan perbatasan RI-Malaysia, BLT Dana Desa sudah diserahkan

Bupati Kapuas Hulu, Provinsi Kalbar Abang Muhammad Nasir menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Desa Temuyuk, Kecamatan Bunut Hulu, Kapuas Hulu. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Kapuas Hulu/2020)

Saya berharap BLT DD digunakan secara tepat sehingga dapat bermanfaat dalam menghadapi dampak COVID-19, karena kita tidak tahu kapan pandemiĀ ini akan berakhir
Putussibau, Kalbar (ANTARA) -
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat Antonius L Ain Pamero secara resmi menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Ulak Pauk, Kecamatan Embaloh Hulu, wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI) - Malaysia.

"Pengelolaan Dana Desa serta penentuan penerima BLT DD harus transparan dan dilakukan dengan cara musyawarah agar masyarakat mengetahui bagaimana pembangunan di desa," katanya ketika menyerahkan secara simbolis BLT DD di Desa Ulak Pauk, Embaloh Hulu, Kapuas Hulu, Kamis.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah mengalami pemotongan anggaran sebanyak tiga kali, yang menyebabkan rencana pembangunan tidak bisa dilaksanakan, begitu juga dengan Dana Desa juga terjadi pemotongan untuk penangan COVID - 19.

Menurut dia pertanggungjawaban Dana Desa, apalagi yang berkaitan dengan bantuan kepada masyarakat juga mesti transparan.

"Saya berharap BLT DD digunakan secara tepat sehingga dapat bermanfaat dalam menghadapi dampak COVID-19, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir," katanya.

Terkait sebaran COVID-19 di Kapuas Hulu, ia menekankan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena hal tersebut sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus mematikan itu.

" Kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, ditambah lagi saat ini kita menghadapi Pilkada Kapuas Hulu, mari kita wujudkan pilkada yang aman dan damai dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan," kata Antonius L Ain Pamero .

Camat Embaloh Hulu, Hermanus Jamayung menyampaikan penyaluran BLT DD oleh pihak desa telah berusaha tepat waktu, dan untuk tahap satu Kecamatan Embaloh Hulu sudah disalurkan semuanya.

"Masyarakat yang terdampak juga sudah bisa diakomodasi semuanya, dan pemerintah sangat perhatian terhadap keadaan masyarakat di Kecamatan Embaloh Hulu. Mewakili masyarakat kami sampaikan terima kasih kepada pemerintah," katanya.

Baca juga: Pasar perbatasan RI-Malaysia diserahkan pengolaannya ke kecamatan

Baca juga: Mendes PDTT borong hasil kerajinan warga perbatasan

Baca juga: 15 ribu warga terdampak COVID-19 di Kapuas Hulu-Kalbar dibantu beras

Baca juga: Wabup Sambas minta Dana Desa untuk kawasan perbatasan dinaikkan

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mantan Menkeu sebut BLT efektif dorong pemulihan ekonomiĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar