Liga Belanda

Fortuna Sittard restorasi ketertinggalan untuk paksa AZ berbagi poin

Fortuna Sittard restorasi ketertinggalan untuk paksa AZ berbagi poin

Gelandang serang Fortuna Sittard Zian Flemming (kiri) merayakan gol pertamanya ke gawang AZ Alkmaar dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Fortuna Sittard, Sittard, Belanda, Sabtu (26/9/2020) waktu setempat. (fortunasittard.nl)

Jakarta (ANTARA) - Fortuna Sittard sukses merestorasi ketertinggalan untuk memaksa AZ Alkmaar berbagi satu poin dalam laga pekan ketiga Liga Belanda yang berakhir imbang 3-3 di Stadion Fortuna Sittard, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Gol kedua Zian Flemming di pertandingan itu yang dicetak pada menit keenam injury time menuntaskan kebangkitan Fortuna yang sempat tertinggal 1-3 dari AZ hingga menit ke-69.

Dengan raihan satu poin ini Fortuna meraih poin pertamanya dan duduk di posisi 14. Adapun AZ berada di posisi 12 dengan dua poin, demikian catatan Liga Belanda.

Baca juga: AZ Alkmaar berbagi poin dengan PEC Zwolle

Fortuna sebenarnya mampu unggul cepat kala laga belum memasuki menit 10 melalui sepakan keras Flemming dari luar kotak penalti menghujam deras gawang AZ. Tak lama berselang, Zakaria Aboukhlal hampir membuat skor kembali imbang, sayang sepakannya menyamping tipis di sisi kanan gawang tuan rumah.

Serangan bergelombang AZ membuahkan hasil pada menit 23. Umpan Albert Godmundsson diselesaikan sontekan Dani de Wit di depan muka gawang Fortuna.

Gol De Wit semakin membuat AZ bernafsu membalikkan keadaan tetapi dua peluang yang diciptakan lewat Zakaria masih belum membuahkan hasil.

AZ baru bisa berbalik unggul memasuki menit ke-52 lewat aksi Teun Koopmeiners. Sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti tak mampu diselamatkan kiper Alexei Koselev.

Lantas 17 menit berselang, Myron Boadu memaksa Koselev memungut bola untuk ketiga kalinya. Berawal dari kesalahan bek tuan rumah yang tergelincir saat memegang bola, De Wit langsung mengambil alih dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper.

Namun De Wit yang tak egois memilih mengumpan kepada Boadu dan tinggal menyontek bola ke gawang kosong. Skor 3-1 untuk keunggulan AZ.

Tertinggal dua gol, Fortuna langsung mengganti tiga pemain. Strategi itu berjalan jitu dan Fortuna bisa mengambil alih permainan. Emil Hansson yang baru masuk langsung memperkecil kedudukan menjadi 2-3. Sepakannya dari dalam kotak penalti menerima bola muntah langsung disambar dan tak mampu ditepis kiper.

Fortuna terus mengurung pertahanan AZ Alkmaar disisa waktu yang ada. Saat laga dirasa akan berakhir 2-3, Zian Flemming menjadi pahlawan bagi Fortuna saat sepakannya pada menit 96 memaksa laga berakhir 3-3.

Baca juga: PEC Zwolle pesta gol ke gawang Sparta Rotterdam 4-0
Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Ajax menguntit Heerenven di posisi puncak


Susunan pemain:

Fortuna Sittard (4-3-3): Alexei Koselev; Lazaros Rota, Roel Janssen, Branislav Ninaj (Martin Angha), George Cox (Djibril Diannesy); Jorrit Smeets, Zian Flemming, Tesfasdet Tekie; Sebastian Polter (Bassala Sambou), Lisandro Semedo (Emil Hansson), Mats Seuntjens.
Pelatih: Kevin Hofland

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Pantelis Chatzidiakos (Tijjani Reijnders), Timo Letschert, Jonas Svensson, Owen Wijndal; Teun Koopmeiners, Dani De Wit, Fredrik Midtsjo; Albert Gudmundsson (Yukinari Sugawara), Myron Boadu (Ferdy Druijf), Zakaria Aboukhlal (Ramon Leeuwin).
Pelatih: Arne Slot

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar