Penghasilan sebanyak 270 juta dolar AS dan Keuntungan Pengoperasian sebanyak 60 juta dolar AS pada Kuartal 4 2009

     JAKARTA, 23 Februari (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) -- TANDBERG(R) (OSLO: TAA.OL), hari ini mengumumkan laporan keuangan kuartal keempat yang berakhir 31 Desember 2009.

     Gambaran Ikhtisar Kuartal 4 2009:

     - Penghasilan sebanyak 270 juta dolar AS (+20%) dengan rekor pelaksanaan di semua aspek.
     - Keuntungan operasi sebesar 60 juta dolar AS (+14%).
     - Saldo sebesar 306,6 juta dolar AS dan tanpa utang.
     - Tidak ada gangguan kepada organisasi terhadap tertundanya proses kemitraan Cisco dan TANDBERG.
     - TANDBERG adalah yang kali pertama mendemonstrasikan kemampuan interoperabilitas TANDBERG Telepresence Immersive dengan Cisco Telepresence serta kemampuan High Definition pada Microsoft Office Communicator R2.

     KEUANGAN

     Penghasilan kuartal keempat ialah 270 juta dolar AS dibandingkan dengan 225,5 juta dolar AS pada kuartal yang sama tahun sebelumnya, yang merupakan pertumbuhan 20 persen dari tahun ke tahun. Margin bruto buat kuartal tersebut ialah 65,3 persen, dibandingkan dengan 66,6 persen pada kuartal yang sama tahun sebelumnya. Biaya Penjualan, Umum & Administratif (SG&A) untuk kuartal keempat 2009 berjumlah 101,4 juta dolar AS, dibandingkan dengan 85,3 juta dolar AS pada kuartal keempat 2008. Keuntungan operasi berjumlah 60 juta dolar AS, dibandingkan pada kuartal yang sama tahun sebelumnya jumlah itu ialah 52,8 juta dolar AS.

     Selama sepanjang tahun, penghasilan berjumlah 902,6 juta dolar AS pada tahun 2009 dibandingkan dengan sebanyak 808,8 juta dolar AS pada tahun 2008, atau pertumbuhan 12 persen. Keuntungan operasi mencapai 193,8 juta dolar AS pada tahun 2009 dan 176,7 dolar AS pada tahun 2008.

     Perusahaan memperoleh penghasilan dari berbagai operasi sebesar 75,1 juta dolar AS pada kuartal tersebut, yang setelah dipotong pengeluaran bersih 14,2 juta dolar AS, memberi penghasilan sebesar 60,9 juta dolar AS. Pada 31 Desember, Perusahaan memiliki saldo 306,6 juta dolar AS, tanpa utang, dan rasio kepemilikan sebanyak 64 persen.

     OPERASI

     Saat mengkaji hasil kuartal keempat, Fredrik Halvorsen, Kepala Pejabat Pelaksana, mengatakan, "Pelaksanaan konsisten di bidang itu dan pengeluaran akhir-tahun memberi penghasilan bagi kuartal keempat. Sama pentingnya,penanaman modal yang berlanjut oleh Perusahaan pada pegawainya, mitra dan portofolio produksi telah membuat Perusahaan mampu mengendalikan perluasan pasar. Sepanjang tahun 2009, TANDBERG terus mempekerjakan dan melatih pegawai, dan mendukung pertumbuhan semua mitranya melalui berbagai program pelatihan khusus dan dengan memberi akses kepada 29 pusat pameran dengan daya tarik yang paling tinggi. Penanaman modal dalam penjualan solusi total, bersama dengan sertifikasi JITC mengenai produk jaringan industri terkemuka, menghasilkan pertumbuhan jaringan kerja yang kuat untuk tahun itu. Selain itu, dalam melanjutkan komitmen untuk membuka standard dan kemampuan interoperabilitas, TANDBERG memperlihatkan kemampuan interoperabilitas definisi-tinggi antara sistem Telepresence dan solusi perekaman konferensi video yang berbasiskan standart, serta Microsoft Office Communicator R2. TANDBERG juga yang kali pertama memperlihatkan kemampuan interoperabilitas TANDBERG Telepresence Immersive dengan Cisco Telepresence untuk memperluas kolaborasi antar perusahaan.

     "Pada 2009, TANDBERG dan semua mitranya terus tumbuh mengalahkan industri lain tanpa gangguan sambil menunggu transaksi Cisco. Pegawai TANDBERG sangat mengharapkan dapat bergabung dengan organisasi Cisco, sehingga membawa inovasi
yang lebih besar ke pasar dan mempercepat diterimanya video dan Telepresence. Transaksi itu diperkirakan dicapai pada semester pertama tahun fiskal 2010," katanya.

     PASAR

     Pada kuartal keempat 2009, TANDBERG menjual 19.289 unit terminal video dibandingkan dengan 17.584 unit terminal video pada kuartal yang sama tahun sebelumnya, peningkatan 10 persen dari tahun ke tahun. Penghasilan dari produk jaringan tumbuh 39 persen, dan memberikan 25 persen penghasilan kelompok tersebut. Perusahaan memperlihatkan prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dari tiga aspek di atas.

     ASIA PASIFIK

     Penghasilan di APAC selama kuartal keempat 2009 berjumlah 30,1 juta dolar AS, dibandingkan pada kuartal yang sama tahun sebelumnya jumlah itu mencapai 25,6 juta dolar AS.

     Asia Utara memperlihatkan hasil yang baik di seluruh China dan Jepang melalui keberadaan pemimpin dan tim yang tepat. Penanaman modal yang berlanjut di saluran tersebut dan pengelolaan menghasilkan beberapa kemenangan mutlak di wilayah itu.

     Asia Selatan memiliki hasil yang baik di setiap kuartal di seluruh wilayah tersebut dalam bidang perawatan kesehatan, keuangan dan pertahanan, termasuk beberapa keberhasilan penting Telepresence. Wilayah itu juga memperlihatkan momentum yang kuat terhadap mitranya.

     Kerjasama tim dan mitra yang baik tetap menjadi prioritas bagi APAC secara keseluruhan.

     PERLUASAN PASAR

     TANDBERG telah menetapkan untuk membangun komunitas video secara menyeluruh, di mana setiap orang memiliki akses ke video berkualitas tinggi. Guna mencapai sasaran tersebut, sistem harus bersifat interoperabilitas antar komunitas.

     TANDBERG secara konsisten telah menjadi yang pertama dalam menyampaikan solusi kemampuan interoperabilitas terkini ke pasar, dan juga menjadi yang pertama yang memperlihatkan kemampuan interoperabilitias TANDBERG Telepresence Immersive dengan Cisco Telepresencece, serta kemampuan interoperabilitas definisi tinggi dengan Microsoft Office Communicatior R2. (Untuk lebih lanjut silahkan kunjungi: http://www.tandberg.com/media/index.jsp?id=1518 )

     TRANSAKSI TERKINI MENGENAI AKUISISI CISCO

     TANDBERG telah melakukan pengajuan peraturan yang diperlukan di semua yurisdiksi. Sebagaimana telah dibicarakan sebelumnya, transaksi tersebut diperkirakan akan berakhir pada semester pertama 2010. Pembayaran kepada pemegang saham yang telah mengajukan penawaran diperkirakan selesai dalam kurun waktu 14 hari setelah pelunasan atau penyerahan surat pelepasan tuntutan yang menjadi persyaratan penawaran, termasuk persetujuan peraturan yang dapat dilaksanakan.

     MENGENAI TANDBERG

     TANDBERG adalah penyedia terkemuka Telepresence, konferensi video definisi tinggi dan layanan serta produk video mobile. Perusahaan memiliki dua kantor pusat besar di New York dan Oslo. TANDBERG merancang, mengembangkan dan memasarkan sistem dan perangkat lunak bagi video, suara dan komunikasi data. Perusahaan menyediakan penjualan, dukungan dan layanan nilai-tambah di lebih dari 90 negara di seluruh dunia. TANDBERG secara terbuka diperdagangkan di bursa saham Oslo dengan nama TAA.OL. Silahkan kunjungi: http://www.tandberg.com untuk informasi lebih lanjut.

     TANDBERG adalah merek dagang terdaftar atau merek dagang di AS dan negara tertentu lain. Semua merek dagang lain adalah hak milik mereka masing-masing.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan hubungi:

     Nilesh Pritam
     TANDBERG
     Tel: +65-6236-9231
     HP: +65-9369-5477
     Email: nilesh.pritam@tandberg.com

SUMBER TANDBERG


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010