Graha Wisata Ragunan tingkatkan kapasitas wifi untuk pasien COVID-19

Graha Wisata Ragunan tingkatkan kapasitas wifi untuk pasien COVID-19

Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan ditunjuk sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 siap untuk ditempati, Rabu (30/9/2020) (ANTARA/HO-Graha Wisata Ragunan)

kita buat dia nyaman selama isolasi
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Graha Wisata Ragunan meningkatkan kapasitas jaringan internet atau WiFi. sebagai bagian dari persiapan menerima pasien isolasi mandiri COVID-19.

"Kemarin kita perbaiki beberapa fasilitas kamar seperti AC kurang dingin, kita tingkatkan juga jaringan WiFi dari 10 mbps jadi 50 mbps," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Ranty Ariany saat dihubungi di Jakarta Rabu.

Ia mengatakan penambahan kapasitas ini bertujuan untuk memberikan layanan terbaik kepada pasien isolasi mandiri agar selama menjalani isolasi dapat nyaman.

Ranty mengatakan hingga kini pihaknya masih menunggu pasien isolasi mandiri yang akan ditempatkan di Graha Wisata Ragunan.

Sudah ada 76 kamar dengan kapasitas untuk 152 orang disiapkan untuk melayani pasien isolasi mandiri COVID-19 yang dikirim oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Graha Wisata Ragunan secara keseluruhan memiliki fasilitas 83 kamar terdiri atas dua jenis, yakni kamar dengan dua tempat tidur dan kamar dengan enam tempat tidur, total daya tampung maksimum untuk 298 orang.

Namun, selama masa pandemi diberlakukan pembatasan sebesar 50 persen dari daya tampung.

Khusus untuk penampungan pasien isolasi mandiri COVID-19 hanya digunakan 76 kamar dengan jumlah orang 152 orang, baik kamar dengan dua tempat tidur maupun enam tempat tidur.

"Satu kamar bisa diisi lebih satu orang, khususnya untuk pasien yang bersaudara dan datangnya berbarengan ke Graha Ragunan, kita akan tempatkan satu kamar isi dua orang saja," ujar Ranty.

Ranty menyebutkan untuk teknis penempatan pasien isolasi mandiri COVID-19 di Graha Wisata Ragunan ditentukan oleh otoritas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Pengelola Graha Wisata Ragunan hanya menyediakan tempat dan fasilitas bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Diperkirakan lama orang yang akan menjalani isolasi mandiri di Graha Wisata Ragunan rata-rata selama dua pekan atau 14 hari.

"Kita hanya menyediakan tempat dan fasilitas. Kita ingin selama pasien ada di Graha Wisata Ragunan bisa sembuh, imunitasnya tumbuh, kita buat dia nyaman selama isolasi dengan fasilitas AC, televisi, kamar mandi di dalam, serta WiFi," kata Ranty.

Penunjukkan Graha Wisata Ragunan sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 khusus OTG. Hal ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 979 tahun 2020 tentang Lokasi Isolasi Terkendali Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Penanganan Covid-19.

Kepgub tersebut ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 22 September 2020.

Graha Wisata Ragunan berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata DKI Jakarta, terletak di Jalan Kebagusan, Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan.

Baca juga: DKI siapkan tempat isolasi pasien COVID-19 di tiga lokasi
Baca juga: DKI akan evaluasi kebijakan isolasi mandiri bagi OTG

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PHRI Jakarta sambut positif rencana sewa hotel untuk isolasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar