Saham Australia "rebound," Indeks ASX 200 naik 0,98 persen

Saham Australia "rebound," Indeks ASX 200 naik 0,98 persen

Ilustrasi - Pasar Saham, Bursa Efek dengan bendera Australia.ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

pasar Aussie mengalami awal yang jauh lebih cerah hingga Oktober dibandingkan dengan penyelesaiannya hingga September
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia rebound pada Kamis, dengan semua sektor cenderung lebih tinggi pada akhir hari perdagangan pertama Oktober, didorong oleh optimisme pasar luar negeri semalam pada paket stimulus Amerika Serikat (AS) yang baru.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 57,00 poin atau 0,98 persen menjadi 5.872,90 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 60,10 poin atau 1,00 persen menjadi 6069,40 poin.

"Saat kita memasuki kuartal terakhir tahun 2020, pasar Aussie mengalami awal yang jauh lebih cerah hingga Oktober dibandingkan dengan penyelesaiannya hingga September," kata Analis Pasar Commsec, James Tao.

Baca juga: Saham Australia "rebound" dengan penambang memimpin kenaikan

"Ini mengikuti nada yang lebih optimis di pasar AS semalam yang telah reli di tengah harapan Kongres AS semakin dekat dengan paket stimulus berikutnya untuk membantu meningkatkan ekonomi."

Saham-saham real estate dan material berkinerja lebih baik daripada yang lainnya, dengan kenaikan masing-masing sebesar 2,03 persen dan 1,53 persen.

Di sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,68 persen, ANZ naik 0,99 persen, National Australia Bank naik 0,45 persen dan Westpac Bank naik 0,48 persen.

Baca juga: Saham Filipina ditutup melambung, Indeks PSE terangkat 1,38 persen

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan Rio Tinto naik 1,15 persen, BHP naik 1,94 persen dan Fortescue Metals naik 2,33 persen. Namun, penambang emas Newcrest justru turun 0,64 persen.

Saham produsen-produsen minyak dan gas beragam dengan Oil Search naik 1,52 persen, Santos naik 1,23 persen dan Woodside Petroleum turun 0,17 persen.

Saham supermarket terbesar di Australia bervariasi dengan Coles tidak berubah dan Woolworths naik 0,08 persen.

Sementara itu, sajam raksasa telekomunikasi Telstra naik 0,72 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas terangkat 1,98 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 0,27 persen.

Baca juga: IHSG lanjut di zona merah, merosot dalam 3 hari beruntun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar