Saham-saham sumber daya melonjak, memulihkan beberapa kekuatan setelah penurunan besar-besaran sehari sebelumnya, sementara kebutuhan pokok konsumen dan teknologi juga terangkat.
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka sedikit lebih rendah pada perdagangan Selasa pagi, dengan hasil beragam menjelang rilis keuangan ganda, keputusan suku bunga bank sentral Australia dan anggaran federal, keduanya akan dirilis Selasa sore.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun tipis sembilan poin atau 0,15 persen menjadi 5.932,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 5,10 poin atau 0,083 persen menjadi 6.130,00 poin.

Saham-saham sumber daya melonjak, memulihkan beberapa kekuatan setelah penurunan besar-besaran sehari sebelumnya, sementara kebutuhan pokok konsumen dan teknologi juga terangkat.

Baca juga: Saham Australia berakhir melonjak dengan keuntungan meluas

Mengimbangi mereka terutama keuangan yang merosot, dan saham properti yang secara kolektif turun lebih dari satu persen pada awal perdagangan.

Sementara itu, "Investor Australia menghadapi berita penting hari ini. Dalam insiden yang jarang terjadi, bank sentral, Reserve Bank of Australia (RBA) akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter sore ini menjelang Kementerian Keuangan menyampaikan Anggaran Federal malam ini," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Umumnya, ekspektasi tidak ada perubahan pada tingkat suku bunga, namun pergerakan sedikit lebih dekat ke nol dianggap oleh beberapa orang sebagai kemungkinan. Sementara anggaran federal diharapkan mencerminkan waktu yang tidak biasa dan termasuk defisit pemerintah terbesar yang pernah tercatat.

Baca juga: IHSG Selasa dibuka menguat 45,63 poin

Di sektor keuangan, bank-bank besar terpuruk dengan Commonwealth Bank turun 0,55 persen, Westpac Bank turun 0,87 persen, ANZ turun 0,79 persen dan National Australia Bank turun 0,72 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan Rio Tinto naik 1,05 persen, Fortescue Metals naik 0,49 persen dan penambang emas Newcrest naik 1,48 persen, namun BHP turun 0,08 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat dengan Oil Search naik 2,95 persen, Santos naik 1,43 persen dan Woodside Petroleum naik 1,08 persen.

Baca juga: Saham Inggris menguat lagi dengan indeks FTSE 100 terkerek 0,69 persen

Supermarket terbesar Australia bervariasi dengan Coles naik 0,69 persen dan Woolworths turun 0,11 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,35 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas turun 0,23 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,74 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020