Makassar, 7/3 (ANTARA) - Petinju terbaik yang tampil di kejuaraan Sarung Tinju Emas (STE) XXIX Makassar akan disiapkan mewakili Indonesia pada SEA Games Jakarta 2011 dan kejuaraan-kejuaraan tinju Internasional.

"Saat ini sudah beberapa nama-nama yang pantas mewakili Indonesia pada SEA Games dan kejuaraan dunia lainnya," kata Ketua Bidang Tekhnik PB Pertina Carol Renwarin di Makassar, Minggu.

Menurut dia, tiga terbaik dari setiap kelas akan dipanggil di Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk dipersiapkan mengembalikan kejayaan tinju Indonesia yang sedang terpuruk.

Hanya saja, Carol yang juga Wasit Tekhnik di kejuaraan STE Makassar, enggan menyebutkan nama-nama petinju yang dipersiapkan untuk mengembalikan kejayaan tinju Indonesia.

"Yang jelas disetiap kelas sudah ada satu-dua nama yang masuk kriteria. Tiap kelas akan kita ambil tiga petinju," katanya.

Dia mengatakan, petinju yang masuk dalam putaran kedua memiliki skil dan tekhnik merata, sehingga ada pertimbangan-pertimbangan khusus untuk menentukan nama yang paling pantas masuk dalam daftar.

Pria berambut putih ini, juga menyebutkan jika juara setiap kelas tidak menjadi jaminan bagi petinju untuk masuk dalam rencana jangka panjang Pertina.

"Para juara tidak otomatis masuk, masih ada pertimbangan lain seperti usia yang masih mudah dan karirnya di dunia tinju cepat," ucapnya.

Meski begitu, dia memuji penampilan dua petinju Sulsel Alex Tatontos dan Dufri Masihor yang berhasil masuk semi final.

Kejuaraan STE Makassar yang berlangsung dari 5-13 Maret diikuti 120 petinju dari 25 provinsi dengan mempertandingkan 11 kelas.

(KR-AAT/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010