Kota Meksiko (ANTARA News/Reuters) - Tigabelas orang tewas di dan sekitar kawasan wisata pantai Acapulco Sabtu pagi akibat kekerasan yang tampaknya terkait-narkoba, dengan empat korban ditemukan dipenggal, kata beberapa pejabat keamanan.

Lima dari mereka yang tewas adalah pejabat polisi yang patroli pada waktu malamnya telah diserang oleh sejumlah pria bersenjata di pinggiran kota Acapulco, tempat peritirahatan Lautan Pasifik yang terkenal dengan wisatawan, kata para pejabat keamanan itu dalam sebuah pernyataan.

Mayat delapan orang lainnya yang dilubangi-peluru ditemukan di beberapa tempat yang berbeda di sekitar Acapulco, dan empat dari mereka dipenggal, pejabat-pejabat itu menambahkan.

Presiden Meksiko Felipe Calderon telah mempertaruhkan kepresidenannya untuk menghancurkan geng-geng narkoba yang perang tanah berumputnya telah menewaskan sekitar 19.000 orang sejak ia memegang tampuk kekuasaan pada 2006. Sekitar 45.000 tentara dan polisi federal telah dikerahkan di seluruh negara itu.

Kelompok-kelompok obat bius yang bersaing dalam beberapa tahun belakangan terkadang berperang untuk memperebutkan wilayah di Acapulco, tempat timbulnya kembali kekerasan akan menjadi berita buruk bagi industri pariwisata.

Juni lalu, sedikitnya 18 orang tewas dalam tembak-menembak antara geng obat bius dan tentara di kota itu, yang menampung sekitar satu juta orang. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010