Rio De Janeiro (ANTARA News) - Helibras, unit Eurocopter EADS di Brazilia, pada Jumat mulai melakukan kegiatan di fasilitas baru senilai 400 juta dolar di Brazil, yang diharapkan akan memainkan peranan besar dalam membuat dan merancang jenis pesawat itu.

Presiden Eurocopter dan Kepala Eksekutif Lutz Bertling mengatakan, perluasan itu adalah untuk `meningkatkan kapasitas teknik Helibras yang bisa menyelesaikan pembuatan helikopter di Brazil.`

Fasilitas baru itu akan menyumbang strategi pemerintah untuk menjadi lebih mandiri di sektor pertahanan, kata Menteri Pertahanan Brazil, Nelson Jobim.

"Ini adalah titik awal 10 tahun sejak sekarang, negara akan memiliki produksi terbesar helikopter yang secara keseluruhan adalah buatan Brazil," katanya.

Jumlah tugas yang dikerjakan di fasilitas itu akan mencapai dua kali lipat menjadi 700 pada saat Helibras memproduksi EC-725, versi mutakhir dari helikopter Cougar - yang kontraknya senilai sekitar tiga miliar dolar.

Produksi pertama akan dibuat oleh Eurocopter di Prancis, dan dikirimkan ke Brazil pada akhir tahun ini, demikian menurut perusahaan itu. (*)

H-AK/M016/AFP

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010