Jakarta (ANTARA News) - Organisasi relawan kegawat-daruratan medis "Medical Emergency Rescue Committe" (MER-C) Indonesia menyatakan siap memberikan bantuan sekaligus mengawal kesehatan mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Pol Susno Duadji.

"Kami siap mengirim tim medis bersama satu mobil ambulan ke Mabes Polri untuk menjaga dan mengawal kesehatan Pak Susno, seperti halnya yang pernah kita lakukan terhadap tokoh-tokoh lainnya," kata anggota Presidium MER-C dr Joserizal Jurnalis, SpOT saat menghubungi ANTARA, enin.

Ia mengatakan, terlepas dari salah atau benar dalam kasus yang terkait dengan Susno, sebagai tokoh penting banyak tekanan-tekanan yang bisa mempengaruhi tingkat kesehatannya sehingga MER-C terpanggil untuk memberikan pengawalan kesehatan.

Menurut dia, posisi Susno Duadji saat ini sedang dalam keadaan yang disebutnya "sendirian" sehingga membutuhkan dukungan. "Karena kami bergerak dalam kegiatan medis, maka bantuan kesehatan lah yang bisa dilakukan," katanya.

Pihaknya, juga pernah memberikan bantuan kesehatan pada tokoh-tokoh yang sedang dalam tekanan seperti ustadz Abu Bakar Ba`asyir yang kala itu dituduh terlihat kegiatan yang terkait dengan terorisme.

"Dalam konteks semacam itulah kami melakukan bantuan dan engawalan untuk Pak Susno Duadji," kata Joserizal Jurnalis.

Sementara itu, Susno Duadjitelah mendatangi Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri untuk memenuhi undangan instansi itu terkait dugaan adanya makelar kasus.(A035/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010