Jakarta (ANTARA News) - Polisi mengamankan 15 orang dalam razia kendaraan suporter Persija ketika mereka melewati Jalan Gatot Subroto menuju Stadion Gelora Bung Karno, di Markas Polda Metro Jaya.

"Suporter yang diamankan sempat menjalani pemeriksaan di Kantor Sentra Pelayanan Kepolisian (KSPK) Polda Metro Jaya," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar di Jakarta, Kamis.

Boy mengatakan tiga orang pendukung fanatik kesebelasan Persija itu mengakui telah membawa senjata tajam yang sekarang diamankan petugas.

Ketiga orang itu, yakni Sandi Suryanto (13) warga Pademangan, Jakarta Utara, membawa katapel jarum, Dimas Rendy (14) warga Ciracas, Jakarta Timur, bawa golok dan Encas (10) warga Tambun, Bekasi, Jawa Barat, memboyong gerigi motor.

Saat ini, suporter sepakbola itu masih menjalani pemeriksaan di KSKP, guna mengikuti proses selanjutnya atau pendataan identitas diri dan pemanggilan orang tuanya.

Sedangkan 12 orang lainnya yang tidak terbukti membawa senjata tajam atau barang berbahaya lainnya hanya mendapatkan pengarahan dan diizinkan untuk meninggalkan Polda Metro Jaya.

Polisi juga menyita ratusan barang bukti berupa tongkat kayu dan besi, stik golf, sabuk gir, botol minuman keras yang kosong, serta golok tanpa pemiliknya pada kendaraan suporter yang terkena razia.

Selain itu, anggota Ditlantas Polda Metro Jaya menilang 272 kendaraan suporter Persija yang mayoritas bus metromini dan bus tanpa kelengkapan dokumen, serta 100 kendaraan kena teguran simpatik.

Boy menjelaskan polisi memberikan tindakan tegas terhadap para supir yang melanggar aturan lalulintas, seperti membawa penumpang melebihi kapasitas dan kendaraan tanpa kelengkapan dokumen, serta menindak suporter yang membawa senjata tajam atau narkoba.

(T.T014/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010