Jakarta (ANTARA) - Lima rute layanan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) dimodifikasi imbas aksi buruh menolak UU Cipta Kerja di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

"Sehubungan dengan itu, TransJakarta menyampaikan ada beberapa layanan TransJakarta diberlakukan modifikasi layanan rute," ujar Direktur Operasional TransJakarta Prasetia Budi dalam keterangannya, Kamis.

Adapun 5 rute yang mengalami modifikasi rute adalah:

1. Koridor 1 Blok-Kota
Modifikasi dilakukan pada layanan yang mengarah ke Kota dengan rute sebagai berikut:

1. Blok M-Sarinah-Lampu merah Sarinah-keluar jalur-Lampu merah Bank Indonesia-belok kiri-Jl.Kebon Sirih-Hotel Milenium belok kiri-Jl. Fachrudin belok kanan-Lampu merah Jati Baru lurus-Jl. Cideng Barat-Lampu merah Tarakan-belok kanan-Halte Petojo-Lampu merah Harmoni-belok kiri-Harmoni-Kota.

Layanan koridor 1 untuk arah Blok M tetap melayani secara normal. Namun ada dua halte yang tidak diooerasikan, yaitu Halte Monas dan Halte Bank Indonesia (BI).

2. Koridor 2 Harmoni-Pulogadung
Pengalihan rute untuk sementara tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Kwitang.

3. Rute 6A Ragunan-Monas melalui Kuningan dan 6B Ragunan-Monas melalui Semanggi
Modifikasi rute bus hanya melayani hingga Halte Tosari.

Baca juga: Buruh aksi lagi, cek pengalihan lalu lintas di sekitar Istana Merdeka
Baca juga: Polda Metro Jaya amankan 270 orang pada unjuk rasa 20 Oktober


Untuk rute 6A dan 6B ada 4 halte yang tidak melayani yaitu halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia dan Halte Monas.

4. Rute non BRT 1A PIK-Balai Kota
Modifikasi rute layanan mengalami perpendekan rute dari PIK hanya sampai ke Kota.

Adapun halte non-BRT yang tak dilewati layanan adalah Bus Stop Glodok, Olimo, Mangga Besar, Sawah Besat, Harmoni, Monas dan Bus Stop Balai Kota.

5.Rute JAK-10 Tanah Abang-Kota
Mengalami pengalihan rute dan untuk tidak melewati pemberhentian Majapahit.

Sementara arah sebaliknya tidak melewati pemberhentian Duta Merlin sampai pemberhentian Pecenongan.

"Selain rute-rute di atas, operasional kami masih berjalan normal. Kendati begitu, TransJakarta bekerjasama dengan pihak Polda Metro Jaya guna memastikan keamanan baik pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional TransJakarta hari ini," ujar Prasetia.

TransJakarta juga mengimbau bagi para pelanggan yang akan melakukan aktivitas untuk selalu berhati-hati di jalan, tetap waspada dan selalu mengutamakan keselamatan diri dan keluarga.

Selain itu diharapkan para pelanggan TransJakarta tetap patuh menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020