PermataBank hadirkan inovasi digital kepada nasabah syariah

PermataBank hadirkan inovasi digital kepada nasabah syariah

Kantor Cabang PermataBank di Universitas Al-Azhar, Jakarta yang memberikan layanan digital dan konsep modern kepada nasabah syariah. (ANTARA/HO-PermataBank Syariah)

Jakarta (ANTARA) - PermataBank Syariah menghadirkan inovasi digital untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dengan didukung petugas bank dan layanan perbankan daring yang dilakukan secara mandiri.

"Ini merupakan salah satu strategi ekspansi dan transformasi cabang kami yang akan terus berlanjut pada 2020 dan beberapa tahun ke depan," kata Direktur PermataBank Syariah Herwin Bustaman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan layanan tersebut hadir di Kantor Cabang Universitas Al-Azhar, Jakarta yang diklaim model pertama di Tanah Air.

Herwin mengatakan dipilihnya cabang di kampus itu untuk meningkatkan penetrasi perbankan syariah di dunia pendidikan.

Baca juga: PermataBank bukukan laba bersih Rp1,5 triliun pada 2019

Model di kantor cabang itu, kata dia, terkoneksi langsung dengan seluruh layanan digital yang dimiliki yaitu PermataMobile X, API Banking, PermataNet, dan Permata e-bisnis.

Menurut dia, nasabah yang datang ke cabang baru ini akan dibantu para staf, dengan mengedepankan protokol kesehatan namun semua transaksi diselesaikan secara digital dengan desain seperti di kanal daring.

"Inilah yang membedakan dengan cabang digital bank pada umumnya. Di sini nasabah dapat merasakan kecepatan inovasi digital tanpa menghilangkan kenyamanan berinteraksi dengan staf jika diperlukan," imbuhnya.

Ia menyakini kantor cabang tetap menjadi pilihan nasabah pada era transformasi digital ini, terutama untuk memahami produk perbankan yang dibutuhkan dalam rangka mengelola tabungan, aset, investasi serta informasi lainnya.

Baca juga: PermataBank Syariah luncurkan KPR berbasis tabungan

Peluncuran kantor cabang digital itu, kata dia, juga sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan perbankan syariah di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ia mencatat pertumbuhan aset syariah sejak Juli 2019 hingga Juli 2020 sebesar 10 persen, angka ini lebih besar dibanding pertumbuhan perbankan konvensional sebesar 5,7 persen.

Laba, lanjut dia, juga masih tumbuh sebesar dua persen, sedangkan perbankan konvensional terjadi kontraksi sebesar 19 persen pada periode yang sama.

PermataBank Syariah mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar Rp226 miliar pada Juni 2020 atau tumbuh hampir 52 persen dibandingkan Juni 2019.

Ke depan, pihaknya akan membuka beberapa cabang baru di Indonesia dengan desain yang akan disesuaikan dengan kebutuhan target pasarnya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi ungkap keseriusan pemerintah bangun Bank Syariah raksasa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar