1.200 siswa ikuti sosialisasi pemilu dan aplikasi data pemilih

1.200 siswa ikuti sosialisasi pemilu dan aplikasi data pemilih

KPU Kota Jakarta Selatan mengadakan sosialisasi pendidikan pemilih dan aplikasi data pemilih secara virtual angkatan kedua yang diikuti 1.200 peserta, Senin (26/10/2020). (ANTARA/HO-KPU Kota Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Selatan kembali mengadakan sosialisasi tentang pemilu dan aplikasi data pemilih secara virtual yang diikuti 1.200 siswa SMA/SMK 
Jakarta Selatan, Senin.

Ketua KPU Kota Jakarta Selatan Agus Sudono mengatakan sosialisasi ini merupakan sesi kedua setelah sosialisasi angkatan pertama yang dilaksanakan Jumat (23/10) lalu.

"Output dari kegiatan ini para peserta dari kalangan siswa-siswi SMA/SMK kedepan mempunyai wawasan terkait nilai praktik demokrasi dan kepemiluan," kata Agus.

Menurut Agus, sosialisasi virtual kali ini diikuti peserta dengan jumlah melebihi kuota yang disiapkan. Jumlah tersebut melebihi sosialisasi angkatan pertama yang tidak sampai 1.000 orang.

Selain mengikuti sosialisasi lewat aplikasi,  peserta juga mengikuti sosialisasi secara streaming melalui kanal YouTube KPU Jakarta Selatan. Jumlahnya mencapai 200 orang peserta.

Tingginya minat peserta didik mengikuti sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual diapresiasi oleh komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta, Detty Kurniawati.

Baca juga: KPU Jaksel mutakhirkan 1.696.921 data pemilih

Menurut Detty, jumlah peserta pada sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual kali ini merupakan peserta dengan jumlah terbanyak dengan tolak ukur perbandingan sosialisasi yang pernah diselenggarakan oleh KPU kabupaten/kota se-Provinsi DKI Jakarta sebelumnya.

Sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber Komisioner KPU Kota Jakarta Selatan Yusuf Satyanegara dan Fahmi Zikrillah yang menyampaikan materi dengan metode diskusi panel.

Para narasumber juga menginformasikan sekaligus memperkenalkan aplikasi terbaru berbasis website dari KPU Kota Jakarta Selatan.

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu KPU kota Jakarta Selatan melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota Jakarta Selatan.

Adapun sasaran utama dibuatnya portal sistem data pemilih adalah para pemilih pemula (baru memasuki usia 17 tahun), para purnawirawan TNI/Polri yang baru saja purnatugas dan warga yang baru pindah masuk ke wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

"Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, calon pemilih hanya cukup menyiapkan foto KK atau KTP untuk kemudian masuk ke halaman website www.js-kompakmemilih.com," kata Komisioner KPU Kota Jakarta Selatan, Yusuf Satyanegara.

Baca juga: KPU Jaksel gelar pendidikan pemilih virtual jaring pemilih pemula

Yusuf menjelaskan, setelah berada di laman website KPU, calon pemilih bisa memilih tautan (link) daftar pemilih baru, kemudian mengunggah foto KK atau KTP atau resi KTP calon pemilih tersebut.

Apliasi tersebut dirancang untuk memudahkan calon pemilih bisa melakukan pendaftaran baru secara daring.

Kasudin Pendidikan Kota Administrasi Jakarta Selatan, H Roji berharap kepada para siswa/siswi calon pemilih pemula melalui sosialisasi ini dapat memahami dan mengimplementasikan informasi dan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama satu hari untuk diimplementasi dalam kehidupan berdemokrasi pada masa mendatang.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar