New Delhi (ANTARA News) - Perdana Menteri India, Manmohan Singh, Sabtu bertolak ke Amerika Serikat untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) keamanan dua hari, dan mengatakan dia berharap pertemuan tersebut akan difokuskan pada masalah-masalah seperti `terorisme nuklir`.

Singh, yang diperkirakan akan bertemu dengan Presiden AS, Barack Obama, Ahad, juga menegaskan bahwa India memiliki `rekor tak tercela` di dalam non-proliferasi.

KTT 47 negara tentang memperbaiki keamanan nuklir itu akan dibuka Senin.

Singh mengatakan, pembangunan hanya mungkin jika pemerintah menjamin `standar keamanan tertinggi` penggunaan energi nuklir untuk kepentingan sipil.

"Saya berharap KTT akan difokuskan pada terorisme nuklir dan proliferasi bahan baku nuklir yang sensitif, serta teknologinya," kata Singh dalam pernyataan sebelum bertolak ke Washington.

"Ini adalah kekhawatirann yang sah yang memerlukan tanggapan."

Obama mengundang Singh pada November lalu, dalam acara santap malam pertama kepresidenannya, suatu kehormatan yang berarti untuk mendesakkan kemajuan pelaksanaan 10 tahun dalam mengubah negara demokrasi kedua terbesar di dunia itu sebagai mitranya.

Selama empat hari berada di Washington, Singh juga akan bertemu dengan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper, dan lain-lain, menurut pernyataannya.(H-AK/M043)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010