Cimahi (ANTARA News) - Pelaksanaan "car free day" (hari tanpa kendaraan) pertama kalinya yang diberlakukan Pemkot Cimahi mendapat sambutan antusias warga Cimahi.

Sejak Minggu pagi atau sekitar pukul 06.00 WIB, ribuan warga tampak berdatangan ke sepanjang jalan Gatot Subroto Cimahi.

Pemberlakuan "car free day" dibuka oleh Wali kota Cimahi, Ir HM Itoc Tochija, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Wakil Ketua DPRD kota Cimahi.

Wali kota Cimahi menyatakan rasa terima kasihnya kepada warga Cimahi yang telah mendukung gerakan "car free day" di Cimahi.

"Meski sedikit tempat yg bisa dimanfaatkan dalam `car free day` ini, tapi saya sampaikan terima kasih kepada warga Cimahi yang telah mendukung gerakan itu," kata Itoc.

Salah seorang warga Padasuka Cimahi, Nasir (40), mengaku senang dengan diadakannya gerakan hari tanpa kendaraan di kota Cimahi untuk pertama kalinya ini.

"Meski pemberlakuannya hanya empat jam mulai pukul 06.00 WIB-10.00 WIB, tapi manfaatnya sangat terasa dan bisa mengurangi polusi udara," Nasir.

Dengan diberlakukannya "car free day" di Cimahi, sepanjang Jalan Gatot Subroto Cimahi ini menjadi lokasi alternatif masyarakat berolahraga seperti senam, bersepeda dan lari.

Ketua Cimahi Cycling Community, Denny Gunadi, menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan "car free day" di Cimahi.

"Kita mendukung acara ini dan diharapkan lokasi ini menjadi arena rutin untuk berolahraga. Paling tidak satu bulan sekali," kata Denny.
(U.KR-ASJ/Y003/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010