Krakow, Polandia (ANTARA News) - Polandia, Ahad, menyiapkan pemakaman Presiden Lech Kaczynski dan Ibu Negara Maria --yang tewas dalam kecelakaan pesawat akhir pekan lalu.

Namun, abu Gunung Berapi Eyjafjallajokull membuyarkan rencana kehadiran banyak pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke acara pemakaman itu.

Presiden Obama membatalkan rencananya menghadiri acara pemakaman di kota tua Polandia, Krakow, akibat bencana abu vulkanis dari gunung berapi di Islandia itu.

Selain Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Pangeran Charles dari Inggris juga membatalkan rencana kehadiran mereka dengan alasan yang sama.

Pemakaman di Katedral Wawel, Krakow, itu berlangsung seminggu setelah masa berkabung bagi presiden dan ibu negara serta 94 korban kecelakaan pesawat yang terjadi di Rusia barat pada 10 April lalu.

Sekitar seratus ribu warga yang berkabung memadati Alun-Alun Pilsudski hari Sabtu untuk memperingati para korban yang tewas. Di antara mereka yang hadir adalah Perdana Menteri Donald Tusk dan Penjabat Presiden Bronislaw Komorowski.

Penjabat pemerintah Polandia mengatakan sejak peti jenazah Presiden Lech Kaczynski dan Ibu Negara Maria, yang disemayamkan di istana kepresidenan, Selasa lalu, sudah 180 ribu yang memberikan penghormatan.

Peti jenazah itu sudah dipindahkan ke Katedral Warsawa, Sabtu malam.

Saudara kembar Kaczynski, Jaroslaw --yang juga mantan perdana menteri Polandia, dan sanak keluarga lain konsisten dengan rencana pemakaman yang akan dilangsungkan Ahad.

Presiden Obama, yang mengaku sedih karena tidak bisa menghadiri acara pemakaman, melukiskan Presiden Kaczynski sebagai "seorang patriot, sahabat dekat, dan sekutu Amerika".

Selama era Perang Dingin, Polandia merupakan bagian dari blok Uni Soviet namun kini negara itu merupakan salah satu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan sekutu dekat AS.

Kanselir Jerman Angela Merkel juga menyampaikan penyesalannya karena tidak bisa hadir akibat abu vulkanis yang sebagiannya diperkirakan Lembaga Meteorologi Polandia akan hilang dari wilayah negara itu hari Ahad.

Bencana abu gunung berapi Islandia itu sendiri telah menghambat kepulangan Kanselir Jerman Angela Merkel ke negaranya.

Setelah menghabiskan lebih dari 36 jam dalam upayanya kembali ke Berlin dari San Fransisco, AS, Merkel dilaporkan melanjutkan perjalanannya lewat darat.

Pemimpin Jerman itu dilaporkan sedang menuju utara dari Roma ke Bolzano, timur-laut Italia, dengan menggunakan limosin lapis baja.

Sekitar 60 orang pejabat dan wartawan yang menyertai perjalanan Merkel diangkut dengan bus yang membuntuti mobilnya.

Presiden Lech Kaczynski dan Ibu Negara Maria mangkat bersama 94 orang lain, termasuk para politisi dan perwira militer senior Polandia, setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di wilayah Kota Smolensk, Rusia Barat, 10 April lalu.

Mendiang Presiden Lech Kaczynski dan rombongan terbang ke kota Rusia Barat itu untuk menghadiri acara peringatan Perang Dunia II.

Dengan mangkatnya Presiden Kaczynski, Ketua Parlemen, Bronislaw Komorowski, secara otomatis menjadi presiden sementara Polandia.

Konstitusi Polandia menyebutkan jadwal pemilu harus diumumkan dalam waktu dua pekan, dan pemilu harus sudah dilaksanakan dalam waktu dua bulan setelah keluarnya pengumuman.(R013/C003)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010