Padang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Jusman Syafii Djamal menyatakan, Kota Padang daerah pertama di Indonesia yang menurunkan tarif angkutan umum menyusul diturunkannya harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah pusat.

"Apa dilakukan Pemerintah Kota Padang, mendapat apresiasi yang tinggi termasuk dari Presiden," kata Jusman di Padang, Minggu malam.

Hal itu disampaikannya usai membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Organisasi Angkutan Darat (Organda) ke IV diikuti 300 pengusaha angkutan umum di Indonesia.

Menurut dia, presiden memberikan apresiasi tinggi pada Kota Padang dan langsung menelepon Walikota Padang.

Ia mengatakan, sebelum presiden melakukan kunjungan ke Terminal Pulogadung Jakarta untuk mencek pelayanan angkutan umum setelah penurunan harga BBM, beliau menanyakan apa sudah ada daerah yang menurunkan tarif angkutan.

"Kepada presiden, saya mengatakan mendapat informasi di Padang kelihatannya sudah turun duluan (menurunkan tarif angkutan umum, red)," tambah Jusman.

"Saya sampaikan, Menhub belum mengeluarkan surat (terkait penurunan tarif), mereka (Kota Padang) sudah turun duluan tarifnya. Mendapat informasi ini Bapak Presiden menelepon walikota Padang," katanya.

Ia menyebutkan, saat Presiden dapat informasi Padang menurunkan tarif hingga 14 persen, beliau mengatakan jika disana (Padang, red) bisa 14 persen, mengapa di sini (nasional, red) tidak bisa 10 persen.

Karena itu, Kota Padang mendapat apresiasi yang tinggi, termasuk dari Presiden, tambahnya.

Jusman menyebutkan, yang dilakukan pemerintah Kota Padang tentu juga bekerjasama dengan Organda Padang. "Itu koordinasi dan kerjasama yang baik yang mendapat apresiasi yang tinggi," tambahnya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009