Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang baru nanti diharapkan datang dari kalangan muda yang sukses dan bisa diterima oleh semua orang.

"Ketua umumnya yang jelas yang diterima oleh semua (anggota). Dia juga harus punya usaha yang bagus sebagai bukti dia sukses," kata Dewan Pertimbangan Kadin, Rainal Rais, di Jakarta, Rabu.

Ketua yang mumpuni dan berpengalaman, menurut Rainal, juga menjadi harapan dari para anggota Kadin lainnya.

Saat ditanya apakah ia ikut mencalonkan diri, ia menjawab, "Tentu tidak, yang muda-muda yang harus mimpin, kita kasih kesempatan yang muda".

Ia menyebutkan beberapa nama yang bakal meramaikan bursa ketua umum Kadin, diantaranya Suryo Sulito yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Kadin dan Adi Putra Tahir yang menjabat Pjs Ketua Umum Kadin.

Nama-nama lainnya yaitu Sandiaga Uno yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Sharief C Sutardjo yang menjabat Ketua Dewan Penasehat Kadin, Rahmat Gobel yang menjabat Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Riset dan Teknologi, dan terakhhir Chris Canter sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Investasi dan Perhubungan.

Sementara itu, Pjs Ketua Umum Kadin, Adi Putra Tahir pun menyebutkan, beberapa nama yang sama yang dijagokan menjadi calon ketua umum Kadin berikutnya, yakni Suryo Sulito, Sandiaga Uno, Chris Canter, Sharief C Sutardjo, dan Rahmat Gobel.

Saat ditanya apakah ia akan ikut dalam pencalonan ketua umum Kadin, ia menjawab tidak.

Sama dengan Rainal, Adi menyebutkan, calon kuat yang diperkirakan akan menggantikan MS Hidayat selaku Ketua Umum Kadin saat ini adalah Suryo Sulito.

(T.V002/M012/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010