Manchester(ANTARA News) - Bek Manchester City, Kolo Toure memperingatkan teman setimnya Emmanuel Adebayor agar tidak bertindak bodoh ketika bertandang ke mantan klub mereka, Arsenal, Sabtu (24/4).

Sebelumnya Adebayor yang dibeli seharga 25 juta poundsterling dari Arsenal di musim panas lalu itu mengatakan 'kepulangannya' ke Stadion Emirates, kandang Arsenal, akan menjadi ajang balas dendam dan penuh kejutan.

Dalam pertarungan pertama mereka musim ini di Stadion Eastland, kandang 'The Citizens' September 2009 silam, Adebayor berlari sepanjang lapangan hanya untuk merayakan golnya di depan pendukung Arsenal yang disambut penuh kemarahan.

"Akan sangat berat bagi dia karena semua yang telah terjadi. Pendukung mereka sedang menunggu pertandingan ini tetapi Ade cerdas dan saya harap ia akan fokus pada pertandingan dan berusaga agar menang," kata Toure kepada The Guardian.

"Dia harus tetap tenang karena ia adalah pemain profesional walaupun pertandingan sebelumnya sangat berat baginya tetapi ia harus menunjukan sedikit kecerdasan kali ini, tetap tenang dan tidak melakukan apa pun karena kita tahu yang ia lakukan sebelumnya bukan yang terbaik," kata pria asal Pantai Gading itu.

Adebayor memang diganjar oleh asosiasi sepak bola Inggris, Football Association (FA) denda 25.000 poundsterling dan larangan bermain di dua pertandingan karena perbuatan tidak menyenangkan itu.

Robin van Persie yang diinjak mukanya oleh Adebayor di laga itu mengatakan Adebayor adalah seorang yang 'tak punya otak dan kasar'.

"Saya pikir ia akan lebih tenang sekarang. Memang berat bagi jika Anda telah melewatkan tiga tahun di sebuah klub dan harus pergi dengan cara yang buruk. Tetapi kami semua profesional," lanjut Toure.

"Saya telah berbicara dengan dia dan Patrick (Viera) juga telah berbicara dengannya. Yang terpenting baginya adalah memberikan segalanya untuk Man City. Bagi kami yang terpenting sekarang memenangkan pertandingan itu," cerita Toure.

Adebayor baru-baru ini memutuskan untuk gantung sepatu dari sepak bola internasional karena masih bermasalah dengan ingatan tentang serangan teroris atas bus tim nasional Togo pada perhelatan Piala Afrika yang membunuh tiga orang anggota timnya.

"Ia masih terpengaruh oleh apa yang terjadi dan ketika Anda melalui situasi seperti itu Anda butuh waktu. Ia semakin membaik seiring waktu dan jika pertandingan Sabtu berjalan lancar ia akan membuat satu langkah besar,"kata Toure optimistis.(Ber/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010