Samarinda (ANTARA News) - Tim Persisam Putra Samarinda berhasil memukul secara telak tim tamunya Persijap Jepara dalam lanjutan Indonesia Super Liga (ISL) 2009/2010 di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu sore dengan hasil telak tanpa balas 5-0.

Lima gol Persisam dicetak oleh Achmad Sembiring menit pertama, Choi Dong Soo (menit ke-33 dan menit ke-64) dan Pipat Tonkaya (menit ke-38 dan menit ke-49).

Disaksikan 10.000 pendukungnya tuan rumah langsung menggebrak, dan mencuri gol pada menit awal melalui Achmad Sembiring.

Gol cepat yang menghantarkan keunggulan tuan rumah itu bermula dari tendangan pojok Ronal Fagundes yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Sembiring melalui tandukannya.

Sayangnya unggul 1-0 itu tak membuat skuad tuan rumah makin beringas, justru tim tamu sempat menguasai pertandingan hingga beberapa menit dan berusaha menyamakan kedudukan.

Serangan yang gencar dari tim tamu, justru menjadi bumerang dan tuan rumah bisa menggandakan kedudukan melalui gol Choi Dong Soo memanfaatkan bola rebon hasil sundulan Akbar Rasyd.

Kembali tuan rumah menggandakan kedudukan melalui Pipat Tonkaya memanfaatkan umpan Ronal Fagundes.

Dengan tendangan kerasnya Pipat bisa memperdaya Syabani penjaga gawang Persijap. Kedudukan 3-0 bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, tuan rumah yang telah unggul tiga gol bermain lebih lepas, dan makin menampilkan pola serangan yang membahayakan.

Melalui serangan balik yang cepat Pipat bisa memanfaatkan umpan Sonny Kurniawan, dan menciptakan gol.

Berselang 15 menit kemudian, Choi Dong Soo kembali menciptakan gol dan memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 5-0.

Wasit Jimmy Napitupulu meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir kedudukan 5-0 untuk tuan rumah tidak berubah.

Junaidi pelatih Persijap, mengaku kecewa dengan hasil pertandingan.

Ia menilai kekalahan itu tidak lepas dari problem tidak kepercayaan pemain paska pertandingan piala Indonesia. "Harus kami akui kualitas pemain kita memang jauh dengan Persisam," tegas Junaidi.

Hendri Susilo, pelatih Persisam Putra mengatakan timnya diuntungkan oleh gol cepat yang di lesakan Achmad sembiring.

"Kami diuntungkan dengan gol pada menit awal, kondisi ini menjadikan motivasi pemain meningkat, dan pemain bisa menjalankan intruksi, dan hasilnya cukup membanggakan," kata Hendri.

Susunan pemain: Persisam Putra: Wawan Hendrawan(g), Tsimi Jaquest Joel, M Robby, Sonny Kurniawan, Panggah,80`, Syaipul Lewanusa, Akbar Rasyid, Achmad Sembiring/ Gantar Khan, Ronald Fagundes, Danilo Fernando, Choi Dong Soo, Pipat Tonkaya/ Irsyad Aras,69`.

Persijap Jepara: Syabani(g)/Khoirul Latief 45`, Evaldo Silva, A Mahrus Bachtiar, Nurul Huda, Isdianto/Catur Rintang,62`, Doni F Siregar/ Khanif Muhajirin,66`, Bona Simanjuntak, Iswanto, Phiton Thiabma, Pablo Frances, Eki Nur Hakim.
(KR-RMT/I014/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010