UEFA Nations League

Slovenia dan Yunani menang, setel laga hidup mati promosi

Slovenia dan Yunani menang, setel laga hidup mati promosi

Kapten tim nasional Slovenia Josip Ilicic (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mengkonversi tendangan penalti penentu kemenangan atas Kosovo dalam lanjutan UEFA Nations League Divisi C Grup 3 (C3) di Stadion Stozice, Ljubljana, Slovenia, Minggu (15/11/2020) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Srdjan Zivulovic.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Slovenia dan Yunani kompak meraih kemenangan dalam pertandingan kelima UEFA Nations League Divisi C Grup 3 (C3) pada Minggu waktu Eropa (Senin WIB), menyetel pertemuan kedua tim tiga hari lagi menjadi laga hidup mati penentuan promosi.

Slovenia yang menjamu Kosovo di Stadion Stozice, Ljubljana, meraih kemenangan tipis 2-1 atas tamunya, yang ditentukan oleh gol Jasmin Kurtic pada injury time, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Slovenia, Belarusia rebut puncak klasemen masing-masing di Divisi C

Slovenia sempat tertinggal lebih dulu ketika Vedat Muriqi menyelesaikan umpan Bernard Berisha pada menit ke-58, beruntung empat menit kemudian Jasmin Kurtic bisa membuat kedudukan kembali imbang.

Kerja keras tim besutan Matjaz Kek akhirnya memuahkan hasil ketika Fidan Aliti didakwa melakukan pelanggaran handball di dalam kotak penalti Kosovo pada menit kedua injury time.

Keputusan itu disambut protes keras bek Kosovo, Amir Rrahmani, yang dijawab wasit Bartoz Frankowski dengan kartu kuning dan Slovenia tetap mendapat hadiah tendangan penaltinya.

Ilicic mengkonversi tendangan penalti itu dengan tenang, menguburkan bola ke pojok kanan bawah gawang dan memastikan kemenangan Slovenia 2-1 atas Kosovo.

Baca juga: Gol semata wayang Darida kunci kemenangan 1-0 Ceko atas Israel

Dalam pertandingan lain yang berlangsung di Stadion Zimbru, Chisinau, Yunani sukses membungkam tuan rumah Moldova 2-0 berkat dua gol yang mereka cetak di babak pertama.

Konstantinos Fortounis membuka keunggulan Yunani dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-32 sebelum Anastasios Bakasetas menggandakannya sembilan menit berselang.

Hasil-hasil itu membuat Slovenia menjaga posisi puncak klasemen Grup C3 dengan koleksi 13 poin, unggul dua poin atas Yunani (11), diikuti Kosovo (2) dan Moldova (1) sebagai juru kunci.

Sementara Slovenia dan Yunani menentukan tiket promosi ke Divisi B ketika berhadapan di Athena pada Rabu (18/11), pertemuan antara Kosovo kontra Moldova di Albania (karena Moldova menolak bermain di Kosovo) akan menentukan tim mana yang nantinya harus mengikuti playoff degradasi ke Divisi D.

Baca juga: Serbia jaga asa bertahan di Divisi B setelah imbangi Hongaria
Baca juga: Austria semakin dekat dengan promosi setelah pukul Irlandia Utara
Baca juga: Belgia pupus mimpi Inggris ke empat besar Nations League
Baca juga: Italia tundukkan Polandia demi ambil alih pucuk klasemen Grup A1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar